Bekali Diri Sebelum Kendarai Moge Dengan Hal Ini

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 13 Januari 2018 | 17:00 WIB
KTM salah satu produsen motor yang produksi Moge
Fadhliansyah
KTM salah satu produsen motor yang produksi Moge

Otomania.com - Apakah anda termasuk yang mempunyai cita-cita memiliki sebuah motor gede (moge) atau superbike? Jika Anda berpikir mengendarai moge sama dengan mengendarai motor biasa, salah besar.

Bagi pengguna baru, meski secara dasar sudah bisa mengendarai motor, tapi wajib adaptasi lagi sebelum membawa moge. Ini wajib dilakukan, karena selain dimensi dan bobot yang lebih besar, mengendarai moge tidak bisa disamakan naik motor biasa.

Moge selalu identik dengan kapasitas mesin besar. Rata-rata punya kubikasi 500 cc ke atas. Sebagai tambahan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga telah mengatur penggolongan Surat ijin Mengemudi menurut kapasitas mesin.

Untuk motor yang berkapsitas mesin diatas 250 cc sudah harus membuat SIM tersendiri yaitu SIM C II. Belum dipastikan, kapan aturan soal SIM ini akan berlaku, tapi sebaiknya siap-siap saja.

Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan sebelum naik moge seperti yang dijelaskan Agus Sani, Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

(BACA JUGA: Ini Tanggapan Kawasaki Tentang Kasus Moge 1000 cc Digondol Maling)

Pertama kali adalah pengenalan fungsi fitur yang ada pada kendaraan, posisi berkendara yang nyaman, sampai informasi mengenai teknik-teknik bermanuver. "Enggak motor biasa atau moge pasti harus menyesuaikan posisi berkendara," Tuturnya.

Mengendalikan moge tidak mudah, masalah yang kerap dialami biker misalnya susah menyalip, setang berat, hawa mesin panas, dan sulit mengerem mendadak. Hal-hal seperti itu yang bikin moge tidak begitu akur dengan lalu lintas harian.

Selain itu, Agus juga mewanti-wanti soal karateristik mesin. karena jumlah kubikasi mesin moge di atas 250 cc itu lebih bertenaga dan responsif. Sehingga kita wajib untuk mempelajari kapan mesin ini mengeluarkan torsi dan power tertingginya.

"Karena kalo moge 600 cc itu lebih responsif saat di gas, makanya pengenalan karakteristik mesin itu perlu. Jadi nggak bisa main betot gas," ujar Agus.

(BACA JUGA: SIM C Khusus Moge Berlaku Tahun Depan)

Maka berpikirlah masa-masak dahulu sebelum beli moge. Sebab ketika sudah memilikinya, berarti tanggung jawab yang diemban juga lebih berat.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA