Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Pernah Ciptakan Mobil sport Bermesin Pikap

Irsyaad Wijaya - Senin, 8 Januari 2018 | 07:25 WIB
Mitsubishi Pawma XL300 penampakan samping
Facebook.com/Mobilmotorlama
Mitsubishi Pawma XL300 penampakan samping

Otomania.com - Indonesia pernah memproduksi mobil sport? Sudah tentu Anda meragukannya. Tapi ini fakta yang terjadi pada era 1990-an, dimana muncul mobil bernama Mitsubishi Pawma yang menggemparkan Jakarta Fair.

Sebelumnya, mari kita lihat sejarahnya. Ini semua berawa dari satu nama, Pierre Foissotte, seorang insinyur asal Perancis yang bekerja di Esso (perusahaan minyak asal Amerika Serikat).

(BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Mobil Sport Daihatsu )

Foissotte melakukan serangkaian tes untuk bahan bakar sebelum akhirnya melanjutkan pengembangan mobil 1 penumpang untuk Formula Renault. Dari sinilah, dia bermimpi membangun mobil Formula Renault dengan desainnya sendiri.

Kemudian Foissotte bertemu dengan sekitar 15 orang yang punya ide yang sama pada tahun 1986. Dari sanalah tim ini kemudian mengembangkan sebuah mobil ciptaan mereka sendiri.

Pierre bersama 15 orang itu mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Charade Automobile SA di kota Clermont-Ferrand dengan mobil konsep buatan mereka yang diberi nama Charade Monza.

Charade Monza ini kemudian dipamerkan ke Mondial de l'automobile et du transport di Perancis pada tahun 1989.

Lalu, sekitar tahun 1989, dimana setelah rancangan Charade Monza sudah jadi, Foissotte berkunjung ke beberapa negara Asia untuk memproduksi mobil ini, termasuk Indonesia.

PT. Kreasindo Trampil Mandiri di Jakarta membuatnya dengan bodi fiberglass. Karena cetakan dan bodinya dibuat di Indonesia, mobil ini juga dipamerkan di acara Jakarta Fair 1990.

(BACA JUGA: Mobil Sport Ini Hanya 700 Unit di Dunia)

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa