Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merek-merek Mobil di Indonesia yang Tak Masuk Gaikindo

Irsyaad Wijaya - Jumat, 5 Januari 2018 | 16:15 WIB
Geely salah satu merek mobil yang bukan lagi anggota Gaikindo
autoevolution.com
Geely salah satu merek mobil yang bukan lagi anggota Gaikindo

Otomania.com - Beberapa waktu lalu terulang kembali kasus yang pernah terjadi pada 2012 antara Mercedez-Benz dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Kasus tersebut karena pihak Mercy tak mau membagi data penjualan produknya perbulan.

Adanya kasus tersebut pihak mercy terancam untuk dikeluarkan dari keanggotaan Gaikindo. Sebab setiap anggota wajib melaporkan data penjualan per bulan.

Ternyata sebelum ancaman ini tertuju untuk merek asal Jerman ini, sudah banyak pabrikan mobil yang bukan lagi menjadi anggota Gaikindo. Merek apa saja yang sekarang bukan lagi anggota asosiasi tersebut?

Agen pemegang merek (APM) mobil yang tergabung menjadi anggota Gaikindo cukup banyak. Mulai merek asal Jepang, Eropa, Amerika Serikat (AS), Malaysia, India, Korea Selatan hingga China.

(BACA JUGA: Ganjaran Tak Terduga Kalau Rajin Servis di Bengkel Resmi)

Berdasarkan data penjualan Gaikindo, terdaftar 36 merek yang menjadi anggota. Namun, ada beberapa sudah tidak menjadi anggota lagi, seperti Gelly, Ford, Chrysler, Jaguar, dan Land Rover.

"Aktivitas penjualan mereka sudah tidak ada, sehingga sudah tidak menjadi anggota lagi," ucap Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, seperti dikutip dari KompasOtomotif, Selasa (2/1/2018).

Selain kelima merek itu, sebenarnya ada brand lain yang tidak ada aktivitas penjualan sepanjang 2017, yaitu Infiniti, dan Smart.

"Untuk Infiniti bagian dari Nissan, sementara Smart dengan Mercedes-Benz. Jadi masih tergolong anggota," ujar Kukuh.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa