Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Kehebatan Mobil Penyapu Jalan yang Baru Milik Pemprov DKI

Fedrick Wahyu - Selasa, 26 Desember 2017 | 13:00 WIB
Mobil penyapu jalan Dulevo 6000 baru milik Pemprov DKI Jakarta
KompasOtomotif
Mobil penyapu jalan Dulevo 6000 baru milik Pemprov DKI Jakarta

Otomania.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang gencar meremajakan kendaraan di Jakarta. Setelah angkot, kendaraan kebersihan yang mendapat giliran diperbarui.

Lebih dari 1.000 unit kendaraan untuk kegiatan kebersihan diremajakan. Seperti truk sampah jenis compactor, wheel loader, gerobak motor, hingga truk penyapu jalan.

Khusus mobil penyapu jalan, Pemprov DKI membeli merek Dulevo. Salah satu produsen kendaraan pembersih jalan asal Italia. Dulevo 6000 adalah tipe yang dibeli Pemprov DKI.

Dulevo 6000 ini dibekali mesin diesel dan memiliki kecepatan maksimum 42 kpj. Kendaraan ini mampu menampung sampah sampai 6,2 meter kubik.

(BACA JUGA: Awal Tahun 2018 Angkot Jakarta Bakal DiKandangkan Dishub, Jika. . .)

Hebatnya, Dulevo 6000 mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi atau hampir seluas 15 lapangan sepak bola dalam satu jam. Lalu sikat yang ada di depan mobil ini bisa bermanuver sampai 180 derajat. Jadi bisa menyapi tempat-tempat sempit seperti selokan.

Deluvo 6000, mobil penyapu jalan buatan Italia
sweeperland.com
Deluvo 6000, mobil penyapu jalan buatan Italia

Melansir dari KompasOtomotif, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, mengatakan, Dulevo 6000 adalah kendaraan pembersih yang fungsinya mampu menggantikan tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan.

"Dengan teknologi generasi terakhir, yang tidak hanya menawarkan mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper," kata Adji, Senin (25/12/2017).

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa