Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda, ini Cara Mengoper Gigi Persneling di MotoGP

Irsyaad Wijaya - Selasa, 12 Desember 2017 | 11:36 WIB
Penggantian gigi di motor MotoGP
Youtube/MotoGP
Penggantian gigi di motor MotoGP

 

Otomania.com - Motor-motor di MotoGP didesain sebisa mungkin memudahkan pebalap mengoperasikannya. Termasuk salah satunya perpindahan atau megoper gigi.

Jangan bayangkan cara mengoper giginya sama dengan "motor laki" atau sport pada umumnya. Semua motor di ajang balap motor terpopuler sejagat itu justru kebalikannya, dan diberi nama "reverse shifting".

(BACA JUGA: Pesanan Xpander Sudah Tembus 40.000 Unit)

Reverse shifting membuat pergantian gir di motor MotoGP berbalik dari motor umumnya. Jika biasanya gigi 1 dengan menekan pedal ke arah bawah, gigi 2 seterusnya ke atas.

Artinya, saat motor sudah mulai berjalan, biker rata-rata menarik pedal ke atas untuk menaikan gigi dan menekan pedal untuk menurunkan gigi.

Di MotoGP, saat motor sudah berjalan, pebala menginjak pedal untuk menaikan gigi dan menarik pedal ke atas untuk menurunkan gigi.

Berikut lihat video yang memperlihatkan aksi Danilo Petrucci saat memindah gigi.

"Hal itu karena pembalap juga membutuhkan penggantian gigi saat berada di tikungan," Sergio Verbena, Kepala Kru NGM Mobile Forward Racing Moto2.

(BACA JUGA: Tol Becakayu Sudah Tak Gratis Lagi)

"Akan lebih mudah untuk menaikkan gir dengan menginjak pedal dibandingkan mencongkel pedal saat motor keluar dari tikungan dalam posisi belum tegak." Lanjut Sergio.

Teknologi pada motoGP sebenarnya juga banyak ditiru pembalap lokal. Tujuannya ingin perpindahan gigi saat akselerasi lebih cepat dan tidak gampang missed.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa