Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Pilih Ban, Pastikan Sesuai Dengan Pelek

Fedrick Wahyu - Senin, 11 Desember 2017 | 14:25 WIB
Jenis-jenis ban motor
rosenmanmanihuruk.blogspot.co.id
Jenis-jenis ban motor

Otomania.com - Pemilihan ukuran ban yang tidak sesuai dengan ukuran pelek akan membuat penampilan motor jadi tidak enak dipandang. Lebih dari itu, bisa juga membahayakan karena ukuran ban yang tidak sesuai membuat performanya tidak maksimal.

Bagian ban yang paling ringkih adalah dinding, bisa karena ukuran pelek dan ban tidak sesuai. Jika ukuran ban ternyata lebih besar dari pelek, maka ban akan membulat mirip donat

(BACA JUGA: Sedan Mewah Lexus yang Siap Memanjakan Para Bos)

Saat membentuk donat, dinding ban menjadi lentur dan daya cengkeramnya menurun. Sehingga saat mau menikung motor akan mudah oleng dan bisa saja terjadi kecelakaan.

Begitu pula jika ukuran pelek lebih besar dari ban, karena bibir ban tertarik keluar, dinding ban jadi pun ikut tertarik. Bentuk ban dipaksa jadi V ini bisa mengakibatkan bibir ban terlepas dari pelek.

Ilustrasi akibat pemilihan ukuran pelek dan ban yang tidak sesuai
Pertamax7.net
Ilustrasi akibat pemilihan ukuran pelek dan ban yang tidak sesuai

Dinding yang tertarik keluar membuatnya tidak kuat menahan beban. Akibatnya, bagian dinding ban cepat retak, tali-talinya bisa putus dan ban pecah di dinding.

(BACA JUGA: Masalah Rem Blong dan Cara Mengantisipasinya)

Kalau ingin tahu mengenai ukuran yang pas, cukup tanyakan saja pada penjual ban motor, biasanya mereka tahu ukuran yang pas untuk setiap pelek.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa