Mengenal Yamaha RX-K, Bapaknya Motor Hebat Berpamor Buruk

Fedrick Wahyu - Kamis, 7 Desember 2017 | 17:15 WIB
Brosur Yamaha RX-K
Alexz/Retro Malaysian Riders
Brosur Yamaha RX-K

Otomania.com - Anda sudah pasti paham soal istilah "motor jambret". Kata-kata itu langsung ditujukan untuk motor Yamaha RX-King. Namun sebelum motor itu lahir, cikal-bakalnya adalah RX-K, "bapaknya motor maling" yang juga disegani.

Ya, RX series jadi berpamor buruk karena pada era 1990-an, begal dan jambret sering memakai motor ini. Meski namanya sudah tercemar, masih banyak orang yang bangga memakai motor Yamaha RX series.

Bahkan sekarang banyak komunitas pecinta motor begal ini dan sering mengadakan event-event besar. Inilah Yamaha RX-K, bisa dibilang "ortu"-nya RX King.

(BACA JUGA: Yamaha RX King Makin Mahal dan Dicari)

Yamaha RX-K Orisinil
vecky-adoe.blogspot.co.id
Yamaha RX-K Orisinil

Yamaha RX-K pertama kali muncul di Indonesia pada 1980. Di awal kemunculannya, motor ini dibekali mesin 2-tak berkapasitas 123 cc dan menggunakan lampu depan berbentuk bulat.

Pada 1981 dan 1982 barulah muncul RX-K dengan mesin 2 tak 132 cc. Lampu depan dan lampu seinnya pun berubah bentuk. Wujudnya berbentuk kotak yang dulunya bulat.

Dengan mesinnya yang masih 2 tak, tak diragukan lagi soal akselerasinya. Pada masanya RX-K mampu menghasilkan power maksimal 17,5 dk pada putaran mesin 7500 rpm dan torsi puncak 1,54 Nm pada putaran mesin 8000 rpm.

Uniknya motor Yamaha RX-K ini masuk ke Indonesia dalam keadaan Completely Built Up atau CBU dari Jepang.

Namun sayang, motor ini tidak terlalu diminati masyarakat Indonesia dan hanya bertahan selama tiga tahun dan kemudian diganti dengan Yamaha RX terbaru yaitu RX King.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA