Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bus Lantai Rendah Transjakarta Mulai Beroperasi

Azwar Ferdian - Senin, 20 November 2017 | 18:45 WIB
Bus transjakarta merek Scania dengan spesifikasi lower deck
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Bus transjakarta merek Scania dengan spesifikasi lower deck

Jakarta, Otomania - PT Transportasi Jakarta mengoperasikan bus berlantai rendah atau lower deck di Ibu Kota, Senin (20/11/2017). Bus baru ini memiliki lantai yang rendah, dengan ketinggian sejajar dengan trotoar yang bisa memudahkan penyandang disabilitas.

Untuk tahap awal, ada enam unit bus lower deck yang dioperasikan. Empat melayani rute Bundaran Senayan-Harmoni, dan dua lagi rute Poris Tangerang-Bundaran Senayan. Pengoperasian enam unit bus ini masih tahap uji coba.

Sampai sejauh ini, sudah ada 76 unit bus lower deck yang dimiliki PT Transjakarta. Sebagian adalah Mercedes Benz O500U 1726 Diesel Euro 3, sedangkan sebagian lainnya Scania K 250 UB Diesel Euro 3.

Bus Transjakarta lower deck adalah bus kota yang akan dioperasikan di trayek-trayek bus kota reguler. Jadi bukan untuk melayani di dalam koridor busway. Kehadirannya merupakan bagian dari upaya pembenahan angkutan umum di Jakarta.

Baca juga : Bus Lower Deck yang Dibeli PT Transjakarta Didesain Khusus untuk Jakarta

Pemilihan lantai rendah sejajar trotoar bertujuan untuk mempermudah penyandang diasbilitas masuk ke dalam bus. Ini merupakan jenis bus yang dipakai sebagai angkutan umum di kota-kota di negara maju.

Baca juga : Ahok Tak Masalahkan Bus Lower Deck Lebih Mahal Rp 1 Miliar

"Untuk rute-rute yang akan dilayani masih dalam pembahasan. Yang pasti bus ini akan melayani rute non BRT (di luar busway)," kata Asisten Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo kepada KompasOtomotif.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa