Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Aman Berkendara Motor Saat Angin Kencang

Aris F Harvenda - Jumat, 17 November 2017 | 15:55 WIB
Berkendara motor saat hujan
Motor Plus
Berkendara motor saat hujan

Otomania - Hujan deras biasanya diiringi angin yang cukup kencang. Bagi pengendara sepeda motor, hal tersebut tentunya menjadi bahaya yang cukup mengancam. Tak jarang biker dibuat oleng saking kuatnya angin yang bergerak sebelum hujan.

Motorcyclenews.com sempat mengulas berkaitan dengan angin kencang yang melanda sebagian wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, beberapa waktu lalu.

Lantas, bagaimana antisipasi agar angin kencang tak merobohkan Anda, berikut tipsnya:

1. Sebelumnya, perkirakan kecepatan angin. Jika terlalu kencang dan bobot Anda plus sepeda motor tak kuasa menahan, lebih baik minggir dan mencari tempat untuk berhenti sejenak. Langkah ini dinilai lebih bijak karena terpaan angin yang terlalu kuat akan dengan mudah menerbangkan mobil sekali pun.

2. Perhatikan arah angin dengan melihat objek yang bergerak di sekitar. Jika angin berhembus dari sisi depan atau belakang Anda, kemungkinan terhempas lebih sedikit, meski tetap harus waspada dan menjaga keseimbangan.

3. Jika angin menerpa dari sisi samping, tekan setang lebih berat ke arah datangnya angin. Misalnya, angin datang dari kiri, tekan setang sedikit ke kiri untuk melakukan ”perlawanan”. Tekanan bergantung pada kekuatan angin, semakin angin berhembus kencang, seharusnya semakin kuat tekanan yang diberikan ke setang.

4. Gunakan kaki dan berat badan untuk menjaga sepeda motor tetap dalam posisi tegak. Usahakan tubuh bagian atas tetap rileks, yang diyakini membantu jaga keseimbangan jika sewaktu-waktu terdapat guncangan.

5. Usahakan posisi tubuh lebih rendah untuk mengurangi penampang yang diterpa angin.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa