Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Xpander Sudah Ganggu Eksistensi Toyota Rush Seken

Donny Apriliananda - Rabu, 8 November 2017 | 17:04 WIB
Mitsubishi Xpander dengan body kit aftermarket
William Harjanto
Mitsubishi Xpander dengan body kit aftermarket

Otomania.com - Mitsubishi Xpander bukan hanya berpengaruh besar pada penjualan mobil baru, tetapi juga bekas. Di pasar mobil bekas (mobkas) gangguan Xpander diprediksi bisa sampai lintas segmen.

Senior Manajer Bursa Mobkas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan bahwa Xpander yang berada di segmen low MPV kemungkinan besar juga bakal mengusik mobkas low SUV. Di bursa mobkas Mangga Dua, low SUV terlaris adalah Toyota Rush.

“Xpander itu merusak tatanan. Karena harganya, yang Ultimate (varian tertinggi) cuma Rp 246 juta, itu sudah super mewah, ground clearance tinggi, tujuh penumpang. Ya, kalau dibanding sama Rush enggak beda jauh,” kata Herjanto, Selasa (31/10/2017).

Baca: Wuling Confero Bakal Tetap Laku di Lantai Bursa Mobil Bekas

Menurutnya, masyarakat akan cenderung memilih membeli mobil baru Xpander ketimbang meminang mobkas Rush. Masalah Rush bukan hanya itu, disebut juga penjualan mobkasnya menurun sejak ada pilihan low SUV lain yaitu Honda BR-V.

Andi pemilik diler mobkas Jordy di MGK Kemayoran sependapat dengan Herjanto. Dia mengatakan Rush kelahiran 2010 – 2013 yang dijual sekitar Rp 150 juta masih punya peminat. Terutama pelanggan daerah yang butuh transmisi manual.

Ini tampang New Toyota Rush.
TAM
Ini tampang New Toyota Rush.

Meski begitu, Andi menjelaskan mobkas Rush yang sulit bersaing yakni kelahiran 2015 – 2017 yang dijual sekitar Rp 190 juta. Pasalnya, ada banyak model mobkas lain yang ditawarkan pada harga segitu dengan fasilitas yang bisa jadi lebih baik, misalnya BR-V ataupun Honda Mobilio.

“Rush itu yang paling laku varian S, karena kalau yang G bersaing juga dengan Terios,” kata Andi, Selasa (7/11/2017). 

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa