Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas, Modus Baru Pencurian Saldo e-Money di Tol

Donny Apriliananda - Selasa, 17 Oktober 2017 | 17:30 WIB
Ilustrasi gerbang tol yang terapkan sistem pembayaran On Board Unit (OBU).
Kompas.com / Dani Prabowo
Ilustrasi gerbang tol yang terapkan sistem pembayaran On Board Unit (OBU).

Otomania.com - Modus kejahatan bisa beragam, tak terkecuali di jalan tol. Salah satu pemilik akun Facebook, Runny Belle, sharing soal dibawa larinya kartu e-money oleh pengendara lain. Kok bisa?

Semua berawal dari niat baik Runny dan suaminya untuk membantu pengendara lain masuk ke tol dengan uang elektronik. Tapi nyatanya, mereka malah jadi korban tindakan tidak menyenangkan dan penipuan.

Ceritanya, dia dan suaminya berada di belakang mobil Freed bernomor polisi B 1339 SKD ketika hendak masuk gerbang tol dari arah Puncak, Bogor.

Pengemudi mobil tersebut keluar dan menuju mobilnya untuk meminjam kartu elektronik miliknya dengan alasan saldo si pengemudi tidak cukup.

Dipinjamkanlah kartu elektronik tersebut kepada si pengemudi. Namun begitu si pengemudi yang meminjam kartunya men-tap di gerbang, si pengemudi bukannya mengembalikan kartu elektronik tersebut tetapi langsung tancap gas.

"Beruntung mobil di belakang berbaik hati meminjamkan kartunya, langsung kita kejar mobil tersebut. Dapat di tol masuk Cikampek, langsung kita berhentikan. Si pengemudi minta maaf langsung mengembalikan e toll dengan beragam alasan," ucap Runny dalam keterangannya.

Namun kesialan Runny tidak sampai disana karena kartu tersebut ditukar oleh si pengemudi. Ketika dirinya men-tap kartu tersebut di gerbang tol Bintara, saldo sudah berkurang tinggal Rp 2000 dari sebelumnya sebanyak Rp 150.000.

"Bisa bayangin kalau satu kartu isinya Rp 50 ribu saja. Dalam 10 mobil yang dikerjain sama pelaku, sehari bisa dapat Rp 500 ribu," ucap Runny.

Dalam masa peralihan dari pembayaran tunai ke elektronik belakangan ini, bisa jadi dimanfaatkan orang untuk mengambil keuntungan. Banyak pengguna jalan yang mengisi saldo pada kartu elektroniknya dengan jumlah yang cukup besar dan ini rentan menjadi sasaran orang yang tak bertanggung jawab.

Tips
Demi menghindari modus seperti ini, jika ingin membantu pengendara lain, turun dari kendaraan dan lakukan proses tap sendiri. Jangan menyerahkan kartu pada orang lain. Tetap bersedia untuk menolong orang lain namun tidak lupa berhati-hati.

Kemudian untuk menghindari kartu ditukar, beri identitas pada kartu atau manfaatkan usaha pembuatan kartu dengan desain yang diinginkan yang saat ini banyak ditawarkan di beberapa situs jual beli. Ini menyulitkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menukar kartu tersebut.

Prinsipnya adalah, e-money adalah uang, dan itu uang Anda. Anggaplah kartu e-money sebagai tabungan, sehingga Anda akan memperlakukannya dengan sangat hati-hati, layaknya menjaga rekening di bank.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa