Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jualan Mobil di Indonesia, Grup Astra Rajanya

Donny Apriliananda - Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:26 WIB
toyota fortuner vrz trd sportivo
toyota fortuner vrz trd sportivo

Otomania.com – PT Astra International Tbk (Grup Astra) menguasai penjualan mobil penumpang dalam negeri sepanjang 2017. Lebih dari separuhnya dicaplok korporasi raksasa itu.

Dilihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penguasaannya sampai 54,26 persen.

Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot mengalami kenaikan market share yang signifikan tahun ini, padahal pada sembilan bulan tahun lalu hanya 38,81 persen.

Peningkatan tersebut juga diikuti oleh pertumbuhan volume jualan, dari 303.816 unit menjadi 436.158 unit, atau positif 43,56 persen.

Hasil manis tahun ini tampaknya tak lepas dari peluncuran beberapa model baru, terutama di segmen LCGC 7-penumpang, Calya dan Sigra.

Sejak kuartal pertama, pasar otomotif roda empat dalam negeri digenggam separuhnya oleh pemilik perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut. Penguasaan terbesar terjadi pada kuartal dua 2017 yang menyentuh angka 55,79 persen.

Jagoan
Dari empat merek yang dipasarkan, Toyota memberikan kontribusi terbesar atau mencapai 66,23 persen, dengan total wholesales 288.850 unit. Angka kontribusinya melonjak, di mana pada tahun lalu masih 49,98 persen dan tak jauh-jauh dari Daihatsu.

Sementara posisi kedua ada Daihatsu yang kebagian jatah 30,62 persen, atau turun dibanding Januari-September tahun lalu (46,16 persen). Merek yang sudah diakuisisi Toyota itu, bukan hanya menciutkan share-nya, tapi juga volume pasokan yang minus 4,76 persen.

Sementara Isuzu dan Peugeot, masing-masing hanya berkontribusi 3,15 persen dan 0,01 persen.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa