Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spion Mobil Murah Agya-Ayla Susah Digondol Maling?

Donny Apriliananda - Selasa, 17 Oktober 2017 | 12:30 WIB
Video pencuri spion Daihatsu Ayla yang gagal.
Ist
Video pencuri spion Daihatsu Ayla yang gagal.

Otomania.com – Spion mobil menjadi salah satu incaran malin karena posisinya di luar, tanpa pengamanan ekstra, dan mudah dijual di pasaran. Tapi tak selamanya pencuri dengan mudah mematahkan spion.

Dari salah satu video viral pencurian spion mobil - diperkirakan Daihatsu Ayla/Toyota Agya-si pencuri berbaju terlihat berusaha keras mencopot paksa spion tapi tidak berhasi. Benarkah spion mobil murah itu susah dicongkel?

Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, spion Ayla menempel ke bodi menggunakan tiga baut.

Menurut Anjar, bisa saja spion patah jika kekuatan merusaknya luar biasa, namun pada video, dia berpendapat kerusakannya tidak lebih kuat dari material spion.

Anjar juga mengingatkan sistem alarm bawaan pada Ayla tidak memiliki sensor getar. Jadi bila hal seperti itu kejadian, kemungkinan memang alarm tidak bunyi.

“Kalau alarm itu biasanya fokus ke area door lock-nya. Kalau itu yang diutak-atik, pasti bunyi,” jelas Anjar, dilansir KompasOtomotif.

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop, Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menambah penjelasan, tiga baut yang mengikat spion itu menempel ke pelat besi.

Iwan mengatakan si pencuri itu tidak sering melakukannya sebab tidak paham ke arah mana untuk mematahkan spion itu.

Iwan sempat meragukan keaslian spion tersebut sebab dari kasus yang pernah dia alami, spion mobil konsumen ada yang patah hanya karena bersenggolan dengan sepeda motor di jalan.

Kesimpulannya buat para pemilik mobil, pastikan memarkir kendaraan di tempat yang aman. Selain itu tidak ada salahnya menambah kualitas sistem alarm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa