Jadi Sasaran Pembatasan Pertalite, Ini Spesifikasi Mobil dan Motor yang Diincar BPH Migas

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 29 Juni 2022 | 12:10 WIB

BPH Migas mulai mengkaji kendaraan yang akan diberlakukan pembatasan pembelian Pertalite, begini penjelasannya. (foto ilustrasi) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Jadi sasaran pembatasan Pertalite, ini spesifikasi mobil dan motor yang diincar BPH Migas.

Kajian pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite untuk kendaraan jenis tertentu mulai dilakukan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Kendaraan berupa mobil berkapasitas mesin di atas 2.000 cc dan motor 250 cc ke atas masuk dalam kajian yang akan dikenakan pembatasan pembelian Pertalite.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman kepada Kontan.co.id, Senin (27/6/2022).

"Sementara hasil kajiannya begitu (untuk kendaraan di atas 2.000 cc)," kata Saleh. Sementara untuk motor, kajian pembatasan dilakukan untuk motor di atas 250 cc.

Saleh menambahkan, upaya PT Pertamina membatasi pembelian Pertalite adalah dengan menerapkan pembelian tardaftar melalui aplikasi MyPertamina.

Ia menilai, ujicoba ini memang perlu dilakukan. Salah satunya yakni demi menjamin implementasi pembatasan pembelian Pertalite saat aturan resmi berlaku.

BPH Migas sendiri menargetkan aturan baru pembelian Pertalite ini dapat mulai diterapkan pada Agustus 2022.

Identifikasi ulang konsumen BBM Solar dan Pertalite Sementara itu, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI, Kamis (23/6/2022), Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, saat ini revisi ketentuan pembatasan pembelian BBM tersebut masih dalam proses.

Baca Juga: Lega, Ternyata Beli Pertalite dan Solar Tidak Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Ini Syaratnya