Main HP di SPBU Dilarang, Tapi Bayar BBM Disuruh Pakai Apliasi MyPertamina, Enggak Takut Kebakaran?

Parwata - Selasa, 28 Juni 2022 | 18:00 WIB

Dilarang main HP di SPBU, tapi pembelian BBM subsidi direncanakan akan menggunakan aplikasi MyPertamina, bagaimana ini? (foto ilustrasi) (Parwata - )

Otomania.com - Main HP di SPBU dilarang, tapi bayar BBM disuruh pakai apliasi MyPertamina, enggak takut kebakaran?

Seperti telah diketahui, di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) terdapat beberapa larangan, salah satunya memainkan Handphone (HP) atau ponsel.

Melansir dari Kompas.com, larangan memainkan handphone dikarenakan memang memiliki dampak yang berbahaya bagi pengemudi maupun petugas SPBU.

Bahkan, banyak video rekaman CCTV yang beredar di mana ledakan terjadi dari mobil atau pun motor dan diduga karena pengguna kendaraan sedang memainkan handphone-nya.

Sebagaimana diketahui, handphone memang dianggap bisa memicu percikan api yang akan menyebabkan ledakan saat pengisian bahan bakar.

Alasan lain mengapa handphone dilarang ialah karena sinyal seluler yang tidak beraturan dan tidak bisa dikontrol karena ada di udara.

Bayar BBM pakai HP

Nah, meski ada larangan penggunaan handphone di SPBU, Pertamina sejak beberapa tahun terakhir justru sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat menggunakan pembayaran non-tunai melalui aplikasi MyPertamina di tempat pengisian BBM.

Bahkan baru-baru ini, pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama PT Pertamina kini tengah menggodok petunjuk teknis agar penyaluran BBM bersubsidi yakni Solar dan Pertalite bisa tepat sasaran dengan pembayaran melalui aplikasi.

Baca Juga: Sukses Serok Rp 7 Miliar, SPBU di Serang Ditutup Selama 6 Bulan, Modus Kecurangan Diungkap Pertamina