Awas Tilang, Tol Cipali Sekarang Pakai Speed Gun, Ada Juga Timbangan Otomatis

Adi Wira Bhre Anggono - Selasa, 22 September 2020 | 19:30 WIB

Anggota PJR Polda Jabar mempraktikan penggunaan speed gun di Tol Cipali (Adi Wira Bhre Anggono - )

Otomania.com - Bersinergi dengan Korlantas, kepolisian daerah, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), PT Lintas Marga Sedaya yang kini memiliki nama Astra Infra Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali), mengkampanyekan Bulan Keselamatan Berkendara.

Seremoni Kick Off dilakukan di Rest Area Km 102 arah Palimanan, Senin (21/9/2020), yang dihadiri Ketua KNKT, Korlantas Polri, Presiden Direktur Astra Tol Cipali, dan CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kirst Ade Sudiyono.

Usai melakukan gelar petugas layanan, langsung dilakukan penindakan operasi speed gun oleh kepolisian bagi kendaraan yang melanggar batas kecepatan maksimum 100 kpj.

Pada kesempatan itu pula dilakukan penempelan 100 stiker reflektor agar terlihat di malam hari.

Baca Juga: Tol Cipali Makan Korban Jiwa, Bus Sahabat Hancur Lebur, Terguling Setelah Hantam Avanza dan Truk

Krist mengatakan Bulan Keselamatan Berkendara merupakan upaya Astra infra meningkatkan pelayanan bagi para penggunanya sekaligus memperingati Hari Lalu Lintas pada 22 September 2020.

Istimewa
Kecelakaan di Tol Cipali KM 150+300 Majalengka, Jawa Barat, Minggu (23/8/2020). Kecelakaan tersebut 4 orang meninggal dunia dan 10 luka-luka.

"Kampanye yang dipusatkan di Tol Cipali, juga akan berlaku di seluruh tol Astra Infra. Diharapkan dengan program 3E (Engineering, Education, dan Enforcement) dapat menciptakan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan berkendara di jalan tol Asrra Infra," kata Krist, dalam keterangan resminya, Selasa (22/9/2002).

Peningkatan layanan keselamatan lalu lintas yang dilakukan merupakan tindakan preventif melalui program 3E sebagai bentuk keseriusan Astra Tol Cipali meminimalkan kecelakaan.

Melalui program Engineering, saat ini di sepanjang ruas Cipali telah terpasang dua buat alat timbang weight in motion (WIM) yang berada di Km 74 dan Km 178.