Jasa Raharja dan Kemenhub Gelar Program Mudik Gratis Ke Lima Daerah Tujuan, Yogyakarta Salah Satunya

Parwata - Minggu, 22 Desember 2019 | 15:35 WIB

Jasa Raharja Cabang DIY saat menyambut para peserta program mudik gratis pada masa libur Nataru, Sabtu (21/12/2019) malam di terminal Giwangan Yogyakarta. (Parwata - )

Otomania.com - Sebanyak empat bus penumpang dari Jakarta telah sampai di terminal Giwangan Yogyakarta.

Bus tersebut sampai di terminal Giwangan pada Sabtu (21/12/2019) malam dengan penumpang sebanyak 200 orang.

Keempat bus tersebut merupakan penumpang mudik gratis dari Jasa Raharja, yang berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Melansir dari TribunJogja.com, seperti disampaikan oleh Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta, Afrianti.

"Ini merupakan yang kedua kalinya kami adakan pada masa Nataru. Mudik gratis ini merupakan wujud pemerintah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Afrianti.

Afrianti menyebut, pada program mudik gratis tahun ini pihaknya menetapkan lima daerah tujuan dan salah satu wilayah itu adalah Yogyakarta.

Baca Juga: Catatan Buat Yang Mau Liburan, Jalan Tol Jakarta- Cikampek Diberlalukan Contraflow Mulai Dari Kilometer Ini

Ada lima unit bus yang menempuh rute ke Yogyakarta. Empat bus dari Jakarta yang tiba pada 21 Desember 2019, sementara satu unit bus lainnya yang menyangkut 41 penumpang dari Bali, dan diperkirakan akan tiba pada 23 Desember mendatang.

"Pesertanya umum. Jadi mereka sudah melakukan proses pendaftaran secara daring," tambahnya.

Selain program mudik gratis, pihaknya juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis yang bakal dilakukan dalam rentang waktu 10 hari berturut-turut.