Bangga Jadi Orang Indonesia, Pria Ini Ciptakan Alat Pengubah Sampah Plastik Jadi BBM

Fedrick Wahyu - Jumat, 27 April 2018 | 14:15 WIB

Mesin Pengelolah limbah plastik menjadi BBM NUSANTARA (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Kemajuan zaman yang terus berjalan, menuntut kita untuk terus berinovasi dan menciptakan teknologi-teknologi baru. 

Komunitas Harapan Ummat bersama Pondok Pesantren Ma'had Khairul Bariyyah, Mustika Jaya Bekasi, Jawa Barat berhasil mengolah limbah sampah plastik menjadi BBM sintetis dengan kualitas nyaris sempurna.

"Kemarin kita launching hari Minggu (22/4/2018) di sini. Sempat gagal karena ada sistem yang tidak jalan, tapi akhirnya akhirnya berfungsi dengan baik," kata Ismadi, Guru Keterampilan di Pondok Pesantren Ma'had Khairul Bariyyah di Bekasi, Jumat (27/4/2018) dikutip dari GridOto.com.

"Setelah saya coba dengan berbagai cara akhirnya ketemu," katanya menambahkan.

(BACA JUGA: Eaaaa...Datsun Go Kepergok Pakai Emblem 'CVT', Sudah Ada Wiper Belakangnya)

Munculnya ide untuk menghasilkan BBM sintetis berangkat dari kesadaran melestarikan alam sekitar, akibat menumpuknya limbah plastik yang sulit dihancurkan.

Bermodalkan tekad yang kuat, ia bersama anak-anak di pondok pesantren melakukan riset sederhana untuk mengolah sampah plastik itu.

Selain menambah nilai ekonomis sampah plastik, mesin pengolahan limbah ini juga mengatasi pencemaran lingkungan, akibat tidak terurainya limbah sampah plastik.

Ismadi menjelaskan setiap kali proses penyulingan, alat destilator bernama Nusantara (Nuansa Pengolah Sampah Setara), ini bisa menghasilkan 3 liter BBM setara solar, bensin, atau minyak tanah.

Adam
Mesin pengelolah limbah plastik menjadi BBM

"Sudah kami produksi, dari sekitar 5 kg plastik bisa menghasilkan sekitar 3 liter solar," kata Ismadi.