Trik Agar Guncangan Marka Kejut Tak Bikin Skutik Rontok

Irsyaad Wijaya - Rabu, 10 Januari 2018 | 08:45 WIB

Ilustrasi speedtrap atau marka kejut (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com - Ketika berkendara di jalan yang lurus sering kita temui speedtrap atau marka kejut. Ini adalah polisi tidur berjejer yang berguna untuk memperlambat laju atau kecepatan kendaraan.

Kebanyakan orang tanpa sadar langsung melibasnya tanpa memperhatikan teknik yang benar. Alasannya sudah pada posisi kecepatan tinggi tak mungkin untuk mengerem.

Nyatanya, kebiasaan langsung melibas speedtrap tersebut berpengaruh pada komponen motor, khususnya skutik. Komponen yang akan cepat rusak yaitu sokbreker dan komstir.

Sebab, umumnya sokbreker yang terpasang di motor matik adalah part standar pabrik yang tak bersifat "high performance". Selain itu motor matik umumnya punya ground clereance rendah.

(BACA JUGA: Coba Tebak, Lebih Aman Rem Pakai 2 atau 4 Jari?)

Lantas bagaimana trik melewatinya dengan benar agar komponen motor matik tak cepat rusak? Sri Harjono, Kepala Mekanik Honda Bintang Motor, Cinere, Depok akan menjelaskannya.

Pertama yang perlu diperhatikan, kurangi kecepatan motor terlebih dahulu.

Ilustrasi melewati polisi tidur berderet
"Selain itu, sebelum berkendara, cek tekanan angin ban dan jangan membawa barang secara berlebihan," ujar Hartono.

Selanjutnya, perhatikan juga cara pengeremannya agar suspensi siap melewati polisi tidur berderet tersebut seperti yang ditambahkan oleh Muhammad Jaji, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Sejahtera di Depok, (8/1/2018).

(BACA JUGA: Masih Banyak Perilaku Salah Naik Motor Matik)