Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kampas Rem Kepanasan Bikin Rem Blong

Febri Ardani Saragih - Selasa, 4 Juli 2017 | 17:09 WIB
Mengenali gejala kampas rem menipis
www.team-bhp.com
Mengenali gejala kampas rem menipis

Jakarta, Otomania.com – Material kampas rem, asbes ataupun yang lebih modern, punya level ketahanan panas tertentu. Bila mencapai titik maksimal suhu panas yang bisa ditoleransi, kemampuan friksinya memudar hingga sanggup jadi penyebab rem blong.

Penyebab kampas rem menjadi terlalu panas karena terlalu sering digunakan. Misalnya saat kondisi macet berjam-jam saat tanjakan atau turunan. Situasi diam atau berhenti-jalan  bikin kerja rem semakin berat, apalagi bila ditambah beban angkut yang besar.

“Kampas rem itu pada suhu tertentu akan mengeras, itu bikin rem tidak pakem. Bahkan bisa bikin cacat cakram,” kata Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, Selasa (4/7/2017).

Walaupun kampas kepanasan yang bikin rem blong lebih sering terjadi pada bus atau truk bermuatan berat, sangat memungkinkan terjadi juga pada mobil atau sepeda motor. Contoh kasus pada motor sempat viral di internet.

“Belajar dari supir truk, setiap kali dirasa bakal macet waktu di tanjakan, dia turun lalu pegang ban. Kalau panas biasanya dia usaha siram air biar dingin. Karena mereka tahu rem ga akan pakem kalau kepanasan,” ucap Arifani. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa