Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jarang Disadari, Ternyata Motor Punya Tombol Penghemat BBM, Begini Hasil Pengujiannya

Uje,Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 10 Oktober 2022 | 13:25 WIB
Jarang disadari, tombol ini bikin konsumsi BBM motor lebih irit.
Aant/otomotifnet.com
Jarang disadari, tombol ini bikin konsumsi BBM motor lebih irit.

Otomania.com - Jarang Disadari, Ternyata Motor Punya Tombol Penghemat BBM, Begini Hasil Pengujiannya.

Tidak sedikit pemilik kendaraan khususnya motor yang mengeluhkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) macam Pertalite.

Jarang disadari, ternyata di beberapa motor ternyata ada satu tombol penting yang bisa berguna untuk mengakali kenaikan harga BBM ini.

Pasalnya, tombol kecil ini bisa bikin konsumsi BBM motor lebih irit sob.

Salah satu fitur yang bisa digunakan pada pemilik motor matic merek Honda adalah fitur Idling Stop System (ISS), atau Stop and Start System pada motor matic Yamaha.

"Fitur Idling Stop System ini berfungsi agar motor jadi lebih irit bensin dan emisi gas buang lebih rendah," terang Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno.

"Saat Idling Stop System aktif, ketika motor berhenti dan posisi gas tertutup penuh seperti di lampu merah, mesin akan mati sejenak. Namun saat gas diputar mesin akan otomatis hidup, tidak perlu starter lagi," ungkapnya.

Tentu fitur ini harus diuji secara langsung, kebetulan tim GridOto.com sendiri pernah menguji pengaruh penggunaan fitur Idling Stop System terhadap konsumsi bahan bakar menggunakan Honda Vario 125 keluaran 2013.

Pengujian dilakukan dalam kondisi jalan raya yang cukup padat di area Jakarta, terutama di beberapa area yang memiliki lampu merah hingga 180 detik.

Baca Juga: Disebut Bikin Konsumsi BBM Jadi Lebih Irit, Begini Fakta Campur Bensin Beda Oktan Menurut Pakar

Pada pengujian tanpa menggunakan fitur Idling Stop System tercatat 1 liter bensin bisa menempuh jarak 42,02 Km.

Kemudian pengujian dilanjutkan dengan mengaktifkan fitur ISS dengan motor, pengendara dan kondusi lalu lintas yang relatif sama.

Dalam kondisi Idling Stop System menyala ternyata konsumsi bensin terbukti bisa jadi ebih irit, tercatat 1 liter bensin bisa menempuh jarak 53,48 Km atau bisa 11 Km lebih jauh dengan kondisi jalan yang sama padatnya.

Jadi memang terbukti kalau fitur ISS ini bisa bikin motor lebih irit.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa