Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terlalu Lama Gunakan Gigi L Pada Mobil Matik, Bisa Sebabkan Kerusakan

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 3 Agustus 2023 | 11:31 WIB
Jangan terlalu lama memasukkan tuas transmisi mobil matic di gigi L, ini penyebabnya.
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Jangan terlalu lama memasukkan tuas transmisi mobil matic di gigi L, ini penyebabnya.

Otomania.com - Jadi salah satu penyebab kerusakan transmisi mobil matic, jangan terlalu lama memposisikan tuas di gigi ini.

Buat sobat Otomania yang sering mengemudikan atau punya mobil matic, harus paham soal satu hal ini.

Saat memasuki tanjakan atau jalan-jalan terjal, biasanya pengmudi mobil matic akan memindahkan posisi tuas ke gigi L (low).

Kalau misalnya belum tahu, posisi L ini berfungsi untuk menahan girboks di gigi rendah sehingga bisa memaksimalkan torsi mesin.

Nah, yang menjadi catatan, kalau keseringan menahan laju mobil menggunakan gigi rendah dengan putaran mesin tinggi, bisa jadi biang kerok adanya masalah dikemudian hari.

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, komponen kopling ganda dan clutch disc mobil matic CVT bisa selip karena CVT belt dan pulley bergesekan terus dan overheat.

"Risiko CVT mengalami selip karena kebiasaan pengemudi menggunakan gigi L terus dengan RPM sangat tinggi. Padahal, belum tentu torsi maksimum bisa diraih oleh mesin dengan menahan laju mobil di RPM maksimal mendekati red line," ujar Dika, dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, kesalahan umum yang juga kerap dilakukan pengguna mobil matic di kawasan pegunungan yaitu tak memindah posisi gigi transmisi dari D ke N atau P ketika terjebak macet.

"Pengemudi sering menahan posisi gigi transmisi tetap di D atau L dengan di tujuan memudahkan ketika stop and go. Tetapi, cara ini cukup berisiko karena komponen girboks transmisi jadi lebih panas. Jadi, sirkulasi pelumasan oli transmisi lebih lambat dan menimbulkan delay respon shifting gigi terlambat," katanya.

Ilustrasi. Gigi L di mobil matic umum digunakan saat melintasi tanjakan.
Imron Noorshodiq / GridOto.com
Ilustrasi. Gigi L di mobil matic umum digunakan saat melintasi tanjakan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa