Terjang Banjir Power Steering Elektrik Juga Bisa Rusak, Jangan Asal Nyemplung Genangan Ya!

Dimas Pradopo - Jumat, 3 Januari 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi mobil menerjang banjir
Dok. Otomotif
Ilustrasi mobil menerjang banjir

 

Otomania.com - Nekat menerjang banjir dan genangan atau terjebak dalam banjir membuat komponen mobil terancam rusak. Salah satunya adalah power steering.

Bila mobil terendam banjir, bagaimana dengan power steering elektrik yang sudah banyak digunakan produksi mobil di Indonesia?

"Sebenarnya tergantung dari ketinggian air yang merendam mobil dan letak motor power steering elektrik itu ada dimana," buka Wahidin Jaelani, Service Manager Astrido Daihatsu Daan Mogot kepada GridOto.com.

Wahidin menjelaskan, sebagian besar posisi letak motor power steering elektrik berada di kolom setir (atas) seperti mobil Toyota atau Daihatsu tapi ada juga yang di steering rack (bawah) seperti mobil Suzuki atau Honda.

Motor Elektrik Power Steering
Radityo Herdianto
Motor Elektrik Power Steering

Baca Juga: Waspada, Bagian Kelistrikan Ini Bisa Rusak Karena Terendam Banjir

Jika ketinggian air sampai merendam bagian letak motor power steering elektrik, risiko kerusakan power steering akan semakin besar.

"Memang pada dasarnya letak power steering sudah didesain tahan air dan terlindungi di bagian dalam mobil," ungkap Wahidin.

Namun bukan berarti bisa tahan air jika terendam banjir dalam waktu lama karena tekanan air yang membuat air akan rembes ke motor power steering elektrik.

"Mengingat air menjadi musuh perangkat elektrikal, ditambah kalau terendam banjir pasti akan ada kotorannya juga," tutup Wahidin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa