Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Makin Tahu, Ini Maksud Gir Ukuran Gede dan Kecil, Ternyata Ini

Fedrick Wahyu - Kamis, 8 Juni 2023 | 16:42 WIB
Mengenal Jumlah Mata Gir
otomotifnet
Mengenal Jumlah Mata Gir

Otomania.com - Motor bebek atau motor sport umumnya menggunakan penggerak roda rantai dan gir yang berbeda-beda. Karena jumlah mata gir berpengaruh pada performa motor.

Jumlah mata gir dihitung dari banyaknya bagian ruas yang meruncing. Motor pada umumnya menggunakan dua buah gir yaitu gir depan dan gir belakang.

Gir depan punya mata gir antara 10 sampai 18, sedangkan gir belakang antara 30 sampai 50. Biasanya ukuran atau jumlah mata gir motor sudah disesuaikan dengan performa motor itu.

BACA JUGA: Gir Set Aus Jangan Cuma Ganti Salah Satu, Ini Resikonya Kalau Kata Anak Bengkel

Contohnya Yamaha V-Ixion dibekali dengan gir depan ukuran 14 dan gir belakang 43. Sedangkan Honda CBR150R dibekali mata gir depan 14 dan gir belakang 36. Lalu apa bedanya gir ukuran kecil dengan ukuran besar?

"Jumlah mata gir yang banyak akan membuat motor lebih terasa enteng saat tarikan awal," kata Ribut Wahyudi, Servis Advisor Honda Bintang Motor, Cinere, Depok.

gir set, sudah memiliki dudukan yang pas degan motor tertentu, maka pilihan mata gir nya juga terbat
otomotifnet.com
gir set, sudah memiliki dudukan yang pas degan motor tertentu, maka pilihan mata gir nya juga terbat

Pada umumnya mata gir banyak digunakan untuk melalui medan yang menanjak. "Mata gir dengan jumlah banyak cocok untuk motor wilayah pegunungan atau motor-motor trail," ujar Ribut.

Maka dari itu motor-motor trail menggunakan ukuran mata gir sampai 50 jumlahnya, supaya gampang di tanjakan ekstrem. Bila jumlah mata gir lebih sedikit, tarikan awal motor akan terasa sedikit kurang dibandingkan mata gir banyak.

BACA JUGA: Bukan Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Penting Stabilizer Rantai

"Jumlah mata gir sedikit, saat tarikan awal terasa berat, tetapi saat posisi top speed bagus, tarikannya panjang,” tuturnya.

Posted : Kamis, 8 Juni 2023 | 16:42 WIB| Last updated : Kamis, 8 Juni 2023 | 16:42 WIB

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa