Biar Makin Tahu, Ini Maksud Gir Ukuran Gede dan Kecil

Fedrick Wahyu - Selasa, 9 Januari 2018 | 12:00 WIB
Mengenal Jumlah Mata Gir
otomotifnet
Mengenal Jumlah Mata Gir

Otomania.com - Motor bebek atau motor sport umumnya menggunakan penggerak roda rantai dan gir yang berbeda-beda. Karena jumlah mata gir berpengaruh pada performa motor.

Jumlah mata gir dihitung dari banyaknya bagian ruas yang meruncing. Motor pada umumnya menggunakan dua buah gir yaitu gir depan dan gir belakang.

Gir depan punya mata gir antara 10 sampai 18, sedangkan gir belakang antara 30 sampai 50. Biasanya ukuran atau jumlah mata gir motor sudah disesuaikan dengan performa motor itu.

(BACA JUGA: Biar Aman, Ganti Komponen Gir Satu Set, Ini Penjelasannya)

Contohnya Yamaha V-Ixion dibekali dengan gir depan ukuran 14 dan gir belakang 43. Sedangkan Honda CBR150R dibekali mata gir depan 14 dan gir belakang 36. Lalu apa bedanya gir ukuran kecil dengan ukuran besar?

"Jumlah mata gir yang banyak akan membuat motor lebih terasa enteng saat tarikan awal," kata Ribut Wahyudi, Servis Advisor Honda Bintang Motor, Cinere, Depok.

(BACA JUGA: Part Motor Bernama)

gir set, sudah memiliki dudukan yang pas degan motor tertentu, maka pilihan mata gir nya juga terbat
otomotifnet.com
gir set, sudah memiliki dudukan yang pas degan motor tertentu, maka pilihan mata gir nya juga terbat

Pada umumnya mata gir banyak digunakan untuk melalui medan yang menanjak. "Mata gir dengan jumlah banyak cocok untuk motor wilayah pegunungan atau motor-motor trail," ujar Ribut.

Maka dari itu motor-motor trail menggunakan ukuran mata gir sampai 50 jumlahnya, supaya gampang di tanjakan ekstrem. Bila jumlah mata gir lebih sedikit, tarikan awal motor akan terasa sedikit kurang dibandingkan mata gir banyak.

(BACA JUGA: Bukan Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Penting Stabilizer Rantai)

"Jumlah mata gir sedikit, saat tarikan awal terasa berat, tetapi saat posisi top speed bagus, tarikannya panjang,” tuturnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X