Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Memanasi Motor Injeksi Sebelum Bekendara

Irsyaad Wijaya - Senin, 11 Desember 2017 | 07:25 WIB
ilustrasi mesin motor injeksi
rideapart.com
ilustrasi mesin motor injeksi

Otomania.com - Hampi semua sepeda motor sudah memakai teknologi injeksi. Namun banyak pemilik yang langsung geber pagi hari, enggan atau lupa memanasi mesin.

Meskipun sudah berteknologi canggih, namun pada kenyataannya mesin motor tetap memerlukan pemanasan awal sebelum dikendarai. Standar minimal memanasinya yaitu 30 detik, maksimal 10 menit.

Gunanya agar bensin dan campuran udara yang mengendap dapat seimbang.  Karena saat motor berhenti lama kandungan udara lebih tinggi dari pada bensin. 

(BACA JUGA: 10 Mobil Listrik Mitsubishi demi Penelitian Program LCEV Pemerintah)

"Saat pagi hari, atau motor didiamkan beberapa jam, campuran udara akan lebih tinggi. Supaya campuran udara dan bensinnya homogen, butuh dipanaskan,” kata Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) .

Ada keuntungan yang didapat jika memanaskan mesin injeksi minimal 30 detik sebelum jalan. Pertama, komponen dalam mesin mendapat sirkulasi oli dengan baik, Lalu, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running).

Pernyataan itu mendapat dukungan. Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan bahwa saat mesin dipanasi, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa dicapai, tapi ada caranya.

(BACA JUGA: Aturan Penggunaan Lampu Hazard Saat Konvoi Motor)

"Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia." Lanjut Sarwono edi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa