Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Lupakan Oli Gardan untuk Skutik, Atau Tanggung Akibatnya

Donny Apriliananda - Rabu, 29 November 2017 | 12:33 WIB
Oli Gardan
Dok.Gridoto
Oli Gardan

Otomania.com – Hanya ada dua penggunaan oli pada sepeda motor jenis skutik yang perlu diperhatikan. Pertama, oli mesin yang sudah jelas penggantian berkalanya. Kedua, dan sering terlupakan, oli gardan, yang fungsinya sama penting.

Oli mesin bertugas melumasi bagian-bagian pada blok mesin, sementara oli gardan bertugas menjaga kelancaran gerak sistem transmisi pada skutik. Perawatannya pun sama, disarankan untuk menggantinya pada jangka waktu tertentu.

Muhammad Robiansyah, mekanik AHASS Bintang Motor, Jakarta Timur, mengatakan bahwa oli ini banyak dipandang sebelah mata. ”Orang tahunya ganti oli mesin. Padahal oli gardan juga penting, sama seperti oli transmisi pada mobil,” kata Robi.

Baca: Musim Hujan, Jangan Sepelekan Oli Gardan Skutik

Dijelaskannya, oli transmisi atau oli gardan berfungsi melancarkan banyak komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi otomatis motor matik. Jika bagian ini tidak bergesekan dengan benar, efek yang kentara adalah terdengar suara berisik pada bagian boks CVT bagian belakang.

Jika oli mesin disarankan ganti tiap 2.000-5.000 km, maka oli gardan lebih lama lagi, 8.000 km atau pemakaian motor mencapai delapan bulan. Itu pun kalau penggunaannya normal, tak kemasukan air. Banyak kasus menurut Robi, oli gardan disusupi air yang membuat warnanya berubah mirip kopi susu.

”Biasanya setelah mengganti ban belakang yang harus membuka gir. Kemungkinan besar air masuk ke oli gardan saat menerjang banjir. Rajin mengecek kalau musim penghujan,” ucap Robi.

Seperti jenis sepeda motor lain, tipe matik juga punya girboks meski tak serumit jenis bebek atau sport dengan transmisi manual. Letaknya di bagian belakang, bersebelahan dengan as roda, dan sejajar dengan puli. Tentu, bagian ini butuh perawatan dengan cara mengganti oli secara rutin.

Biayanya cukup murah. Satu botol kecil oli gardan hanya dijual Rp 12.000 - Rp 20.000. Mengganti sendiri pun cukup mudah, asal tahu letak baut penutup untuk saluran buang, dan baut satunya lagi untuk mengisi ulang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa