Kapan Mobil Perlu Melakukan "Spooring-Balancing"?

Aditya Maulana - Jumat, 10 Maret 2017 | 14:21 WIB
Spooring ban secara rutin menjaga kemungkinan buruk efek jalan rusak.
Jakarta Ban
Spooring ban secara rutin menjaga kemungkinan buruk efek jalan rusak.

Jakarta, Otomania.com - Terdapat istilah Spooring dan Balancing di dunia otomotif, khususnya roda empat. Keduanya punya fungsi yang berbeda, namun tujuannya sama, yakni membuat kondisi keempat ban menjadi stabil atau normal.

Bicara mengenai spooring, yaitu proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil ke posisi semula. Pada umumnya, dimulai dua ban bagian depan yang akan diluruskan, kemudian diatur ulang hingga ke belakang.

Sementara pengertian balancing itu sendiri, yaitu kembali menyeimbangkan semua ban agar putarannya menjadi seimbang. Biasanya, untuk melakukan keduanya, ada patokan tersendiri.

Menurut penjelasan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), bisa dilakukan setelah mengganti ban atau melakukan rotasi. Misalnya, ban depan dipindah ke belakang dan seterusnya.

"Fungsinya agar tetap dalam kondisi seperti awal lagi dan paling penting laju mobil menjadi sempurna lagi," kata Anjar kepada Otomania.com belum lama ini.

Faktor lain, jika pengemudi sudah merasa kalau handling dan kestabilan mobil berkurang atau tidak seperti biasanya. Tanda seperti itu, pemilik harus melakukan spooring dan balancing.

"Ketika melakukan kedua hal itu, keamanan terutama masalah handling menjadi sempurna dan pengemudi, hingga penumpang merasa lebih nyaman," kata dia.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa