Lampu "Speedometer" Redup? Ini Penyebabnya

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Februari 2017 | 09:23 WIB
Bagian dalam panel instrumen atau speedometer. Butuh dibersihkan
Otomania/Setyo Adi
Bagian dalam panel instrumen atau speedometer. Butuh dibersihkan

Jakarta, Otomania – Panel instrumen atau speedometer pada mobil jadi bagian yang sering dilihat pengemudi dalam perjalanan. Meski urusannya sekitar jarum dan angka kendaraan, panel instrumen ini juga tidak lepas dari masalah.

Salah satunya adalah cahaya pada panel instrumen yang meredup seiring pemakaian mobil. Menurut Wira dari bengkel Asia Jaya Motor, Pondok Gede, masalah tersebut bukan karena kelistrikan namun timbul dari kurangnya perhatian pada kebersihan panel instrumen.

“Meski speedometer itu ada di bagian dalam, tapi tidak lepas dari kotoran juga. Kotoran masuk dari bagian belakang yang tidak tertutup sempurna atau berlubang,” ucap Wira saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Wira, bagian belakang panel instrumen ini dipersiapkan pabrikan apabila harus menambahkan fitur di negara berbeda. Bagian-bagian ini bila dibiarkan terbuka, tidak ditutup dengan alat sehingga debu dapat masuk ke dalam.

Untuk itu ada baiknya pemilik mobil membersihkan bagian dalam panel instrumen dalam jangka waktu tertentu. Misalkan satu tahun sekali.

“Problem ini biasa ada di mobil Jepang. Setelah dibersihkan nanti cahaya panel instrumen akan kembali terang seperti baru,” ucap Wira.

Biaya membersihkan panel ini dibanderol Rp 150.000. Waktu pengerjaan sekitar satu hingga dua jam.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa