Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Panik, Ini Penjelasan Jika Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bensin

Dok Grid - Jumat, 12 Januari 2024 | 12:12 WIB
Ilustrasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin
Yosana/GridOto
Ilustrasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Otomania - Kebanyakan sepeda motor saat ini sudah mengadopsi teknologi injeksi, baik yang bebek, batangan, maupun skutik.

Meski lebih canggih, tetapi ada pro-kontra yang mengatakan bahwa motor injeksi pantang kehabisan bensin karena bisa merusak fuel pump.

Menanggapi hal ini, Rangga Noviar, analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

"Saat ini teknologi injeksi sudah banyak mengalami perkembangan, tidak seperti saat pertama. Habis bahan bakar hanya bikin mesin mogok karena tidak ada suplai bensin, selebihnya tidak sampai langsung membuat kerusakan berat," kata Rangga saat dihubungi Otomania.

Menurut dia, saat ini teknologi injeksi semakin canggih dengan beberapa pengembangan. Saat kadar bahan bakar sudah menipis, sistem akan menurukan tekanan fuel pump, efeknya akan membuat motor sedikit tersendat yang berguna sebagai warning bagi pengguna motor.

Bila diteruskan, setelah bahan bakar benar-benar habis sistem akan langsung mematikan pasokan bensin ke fuel pump.

"Dengan fuel pump yang menutup atau off otomatis, kerjanya tidak lagi berat. Artinya, sudah ada sistem untuk mengunci dalam kondisi tersebut (habis bensin)," kata Rangga.

Baca Juga: Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Bermasalah, Kontak On Tapi Tidak Bunyi

Isi bahan bakar

Saat motor sudah mati karena bahan bakar habis, cukup mengisi kembali bahan bakar. Hal ini memang membutuhkan waktu agar sistem bisa kembali membaca.

Hal yang harus dilakukan cukup menyalakan starter dalam kondisi on-off beberapa kali untuk memancing fuel pump kembali bekerja.

"Biasanya akan terdengar suara mendenging, itu tanda pompa bahan bakar sedang bekerja memasok bensin ke selang dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran," ujar Rangga.

Setelah semua normal, motor akan kembali hidup. Namun, Rangga menjelaskan sebisa mungkin hindari kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi minim atau sampai habis bahan bakar, karena walau secara langsung tidak membuat kerusakan ekstrem, tapi bila dilakukan terus-menerus akan membuat usia injeksi berkurang.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Matik Injeksi, Ini yang Paling Dianjurkan

 

Posted : Jumat, 12 Januari 2024 | 12:12 WIB| Last updated : Jumat, 12 Januari 2024 | 12:12 WIB

Editor : optimization

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa