Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Tahu Fungsi "Spoiler" Mobil?

Azwar Ferdian - Jumat, 18 November 2016 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania - Bagian yang menempel pada mobil umumnya memiliki fungsinya sendiri, alias tidak asal pasang. Salah satu yang dikenal yaitu "spoiler", yang diposisikan bukan hanya dibelakang mobil tapi dibagian depan.

Dalam  dunia modifikasi, bagian ini cukup familiar dan kerap dipasang oleh pemilik kendaraan, dan biasanya untuk mengejar kesan sporty. Namun apa sebenarnya fungsi dari spoiler sendiri, selain sebagai pemanis tampilan?

Membuka buku "Pengenalan Bodi Otomotif" karangan Buntarto, spoiler sendiri merupakan salah satu bagian yang membantu mobil dalam aerodinamika. Membuat mobil bisa melawan gaya lift up (membuat mobil melayang dan tidak stabil) ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Tentu kondisi seperti itu akan  membahayakan pengemudi dan penumpang mobil. Namun, pemasangan spoiler seharusnya dilakukan harmonis, antara depan dan belakang, jadi tidak hanya salah satu saja yang dipasang.

"Jika hanya mengaplikasikan salah satunya saja, maka akan tetap beresiko membuat mobil tidak stabil, terutama saat melaju kencang," tulis Buntarto dalam bukunya.

Untuk mobil sedan, spoiler belakang biasanya dipasang atau menempel di atas pintu bagasi. Sementara jika mobil tidak memiliki bagasi belakang (hatchback) diletakkan di atap belakang, atau di atas kaca belakang.

Sementara untuk spoiler depan, berada pada bagian bawah bemper mobil, di mana posisinya agak ke bawah mendekati permukaan jalan. Ini ditujukan untuk memperkecil masuknya angin ke bagian bawah mobil, dan dapat mengurangi daya limbung (melayang).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa