Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Pilih Lampu di Musim Hujan Bisa Celaka

Stanly Ravel - Selasa, 2 Februari 2016 | 17:25 WIB

Jakarta, Otomania - Lampu utama pada kendaraan menjadi alat bantu visibilitas mata ketika berkendara, apalagi ketika melintas di bawah derasnya hujan yang membuat jarak pandang secara otomatis akan berkurang.

Pemilihan jenis lampu yang baik wajib diperhatikan, karena bila salah maka fungsinya akan sia-sia, parahnya lagi menimbulkan celaka.

Meski saat ini tren LED dengan sinar putih cukup digemari, tapi bila digunakan saat musim hujan fungsinya tidak sebaik dibandingkan lampu standar yang berwarna kuning. Hal ini karena sifat cahaya putihnya yang mudah memantul sehingga tidak bisa menembus rintik air atau kabut.

"Sinar lampu standar (kuning) lebih bisa diandalkan dibandingkan LED. Cahaya putih LED tidak bisa menembus kabun dan air dengan baik. Saat melintas di hujan lebat, cahaya akan cenderung mengumpul di bagian depan kendaraan yang hasilnya malah membuat mata pengendara silau," ucap Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada Otomania, Selasa (2/2/2016).

Hal senada juga turut ditanggapi oleh Marco selaku Koordinator lampu aftermarket Autovision di MGK, Kemayoran. Menurutnya pemilihan lampu dengan intensitas cahaya putih seperti LED sangat tidak tepat bila digunakan ketika musim hujan, lebih baik memiliki ukuran di bawah 5.000 Kelvin.

"Intesitas lampu yang baik berada di kisaran 3.000 sampai 5.000 Kelvin, ini masih sangat baik digunakan dibandingkan versi lampu LED yang rata-rata sudah berada di atas 6.000 Kelvin," ujarnya saat dihubungi Otomania di waktu yang sama.

Untuk cahaya di bawah 5.000 Kelvin lampu akan menghasilkan warna kuning pijar sampai mendekati clear, tapi bila sudah ada di atas 6.000 Kelvin maka hasilnya lampu akan berwarna putih. Sedangkan di atas 8.000 Kelvin lampu akan berwarna biru, dan di atas 10.000 Kelvin akan menghasilkan warna merah muda.

"Semakin tinggi Kelvin maka lampu akan memiliki intesitas yang tajam, tapi efeknya akan buruk bila digunakan di saat yang tidak tepat. Bagi yang suka pakai LED sebenarnya ada versi LED dengan warna kuning, ini masih bisa digunakan, karena masih bisa menerawang kabut cukup baik," ucap Marco.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa