Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Tol Jakarta-Cikampek Bikin Pusing, Pemerintah Genjot Cari Solusi

Parwata - Minggu, 25 November 2018 | 09:00 WIB
Ilustrasi Peraturan ganjil-genap
Kompas.com/Maulana Mahardika
Ilustrasi Peraturan ganjil-genap

Otomania.com - Pemerintah tidak hentinya putar otak, cari solusi untuk menangani kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Koordinasi para pemangku kepentingan terus dilakukan untuk mencari solusi agar pembangunan tiga proyek strategis nasional tetap berjalan.

Untuk itu, perlu dilakukan beberapa pengaturan pengerjaan proyek, khusunya di titik-titik yang tingkat kemacetannya tinggi.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angkasawan mengatakan ada beberapa titik kemacetan yang tinggi di jalan Tol Japek, diantaranya yaitu di kali Bekasi, dimana ada pekerjaan LRT Jabodebek.

(BACA JUGA: Mencekam, Detik-detik Mitsubishi Triton Istri Bupati Mamuju Hanyut, Saksi Histeris)

"Kemudian titik lain yaitu di cikunir, karena disitu ada dua kegiatan yang juga sangat massif yaitu pekerjaan jalan tol elevated dan kereta api cepat Jakarta-Bandung," kata Hengki di Jakarta, Sabtu (24/11/2018).

Ia mengaku, upaya dilakukan pemerintah dengan melakukan pengaturan pengerjaan proyek (construction management).

"Melalui pengaturan tersebut, nantinya ketiga pekerjaan proyek mesti dilakukan secara bergantian atau tidak dilakukan secara bersamaan pada titik-titik tertentu yang dapat memperparah kemacetan," bebernya.

Pengaturan pekerjaan proyek tersebut, dilakukan oleh konsultan manajemen konstruksi yang dikoordinasikan oleh BPTJ, tanpa mengganggu target penyelesaian pengerjaan tiap-tiap proyek.

(BACA JUGA: Indikator Solar Kijang Innova Menyala, Lakukan Hal Ini Biar Gak Loyo)

"Jadi dapat dipastikan, tidak ada proyek yang molor dan tertunda. Semua pekerjaan diselesaikan sesuai waktu yang ditargetkan," ucapnya.

Tak hanya itu, ada pemberlakukan ganjil-genap di gerbang tol (GT) Bekasi Barat, Bekasi Timur dan di GT Tambun yang dalam tahap sosialisasi.

Sebagai kompensasinya, pemerintah melalui BPTJ menyediakan angkutan massal yaitu bus premium.

"Diterapkan juga pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00-09.00 WIB kecuali hari libur nasional," ucapnya.

Editor : Indra Aditya
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa