Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cobain Biar Enggak Bosan Lewat Pantura, Mudik Lebaran Jalur Pansela Suguhkan Pemandangan Terhubung Dari Banten-Banyuwangi

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 1 Juni 2018 | 10:08 WIB
Jalur Alternatif mudik 2018, lewat Pantai Selatan terhubung dari Banten-Banyuwangi
Istimewa
Jalur Alternatif mudik 2018, lewat Pantai Selatan terhubung dari Banten-Banyuwangi

Otomania.com - Buat para pemudik yang bosan dengan jalur pantai utara (pantura) yang lempeng-lempang aja, ada altenatif lain nih.

Jalur alternatif yang direkomendasikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni Pantai Selatan (pansela).

Terbentang sepanjang 1.405 km bisa disusuri mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga berakhir di Jawa Timur.

Menurut catatan Kementerian PUPR, ada delapan kabupaten di sepanjang pansela Jawa Timur, mulai dari Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, hingga ke Kabupaten Banyuwangi.

Masing-masing kabupaten memiliki jalur alternatif yang saling menyambung dengan panjang yang berbeda.

(BACA JUGA: Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, PT Pertamina Siapkan 200 Motor Yang Disulap Jadi SPBU, Kondisi Darurat Bisa Ditelepon)

Kabupaten Pacitan, misalnya, panjang jalurnya yaitu 87,44 kilometer, Kabupaten Trenggalek 78,85 kilometer, dan Kabupaten Tulungagung 54,97 kilometer.

Kemudian, lanjut ke Kabupaten Blitar jalur alternatifnya sepanjang 64,20 kilometer, Kabupaten Malang 137,33 kilometer, Kabupaten Lumajang 65,60 kilometer, Kabupaten Jember 83,50 kilometer, hingga ke Kabupaten Banyuwangi 106,10 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, kondisi di sepanjang jalur pansela sudah bagus.

Meskipun demikian, ada beberapa ruas yang masih dalam pengerjaan.

“Dari Yogyakarta hingga Ponorogo, beberapa waktu lalu saya lewati, jalannya sudah cukup lebar,” ujar Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/5/2018). 

(BACA JUGA: Jangan Lupa! Sebelum Ditinggal Mudik Lama Teteskan Oli ke Lubang Busi Motor, Fungsinya Penting Lho)

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa