Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Duh, Apalagi Ini? Uji Coba Ganjil-Genap Di Pintu Tol Karawaci Sementara Ditunda

Fedrick Wahyu - Jumat, 4 Mei 2018 | 15:00 WIB
Kebijakan Ganjil-genap di pintu Tol Tangerang
Jasa Marga
Kebijakan Ganjil-genap di pintu Tol Tangerang

Otomania.com - Uji coba atura ganjil-genap di Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4 yang awalnya direncanakan mulai Senin 7 Mei 2018.

Namun, demi mengurangi antrean yang masih terjadi di tol Tangerang-Jakarta, rencana itu kini ditangguhkan.

Kabag Humas BPTJ Budi Rahardjo mengatakan bahwa penangguhan dilakukan karena upaya untuk mengurangi antrian yang masih terjadi di ruas tol Tangerang-Jakarta akan difokuskan membenahi sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang.

"BPTJ saat ini sedang proses menyelesaikan analisis dan perhitungan pengaturan waktu lampu lalu lintas di persimpangan Tomang," kata Budi melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

(BACA JUGA: Kebahagiaan Berujung Tragis, Pelajar SMA Sekarat Di Hari Kelulusan)

Sebelumnya uji coba kebijakan penanganan kemacetan di ruas tol Tangerang-Jakarta mulai 16 April 2018 lalu telah membuahkan dampak positif.

Selama uji coba 2 pekan panjang atrian yang terjadi selama waktu pemberlakukan kebijakan di ruas tol Tangerang Jakarta (Senin Jumat pukul 06.00 09.00 WIB berkurang hingga separuhnya.

Data Jasa Marga menyebutkan panjang antrian kendaraan berkurang dari semula 18 km menjadi 8 km.

Selain itu terdapat pula penurunan volume kendaraan di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 sebesar 24,9 % serta peningkatan kecepatan rata-rata di ruas Tangerang Jakarta sebesar 24,9 % (semula 22 km/jam menjadi 27,6 km/jam).

"Dengan keputusan penangguhan ini, untuk sementara pada pintu tol Karawaci arah Jakarta tidak diberlakukan kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil-genap," katanya.

(BACA JUGA: Cuma 2 Motor Yang Dijual Di Bawah Rp 500 Juta, Ini Cara BMW Motorrad Indonesia Bikin Harga Lebih Murah)

Namun pada dasarnya pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap di Pintu Tol Karawaci ini termasuk dalam bagian rencana paket kebijakan penanganan kemacetan di ruas tol Tangerang- Jakarta.

"Dengan demikian jika suatu saat perkembangan situasi menghendaki, maka kebijakan ganjil genap akan diberlakukan pula di Pintu Tol Karawaci ini," ucapnya.

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa