Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memodifikasi Kapasitas Tangki BBM Ancamannya Berat

Fedrick Wahyu - Minggu, 1 April 2018 | 16:15 WIB
Nissan Serena Bisa isi bahan bakar Pertalite sampai 78,1 liter padahal daya tampung maksimal hanya 6
kompas.com
Nissan Serena Bisa isi bahan bakar Pertalite sampai 78,1 liter padahal daya tampung maksimal hanya 6

Otomania.com - Belakangan viral soal mobil Nissan Serena yang mengisi bahan bakar mencapai 78,1 liter. Padahal kapasitas tangki mobil hanya 60 liter.

Uji tera pun dilakukan di SPBU 34-13501 di Jalan Raya Condet, Jakarta Timur (26/3/2018), guna membuktikan adanya kecurangan atau tidak. Hasilnya tidak ada kecurangan dari pihak SPBU.

Sementara itu, pemilik Nissan Serena dengan nopol B 2224 SEB tersebut, tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah tangki mobil sudah dimodifikasi demi mendapat keuntungan disparitas harga BBM?

(BACA JUGA: Aneh, Nissan Serena Bisa Diisi BBM Sampai 78 Liter Padahal Kapasitasnya 60 Liter)

Nota pembelian BBM Nissan Serena yang sedang viral
Instagram /otomotifweekly
Nota pembelian BBM Nissan Serena yang sedang viral

Sebenarnya, tindakan memodifikasi tangki bahan bakar kendaraan sudah melanggar hukum, dan pelaku dapat kena sanksi pidana.

Hal itu diatur di Pasal 55 Undang-undang Tahun 2001, Tentang Minyak dan Gas Bumi siap diberikan kepada para pelaku modifikasi kapasitas tangki BBM.

Bunyi Pasal tersebut adalah "Setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak dan disubsidi Pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan dengan paling tinggi Rp 60.000.000.000 (enam puluh miliar Rupiah)".

Bahkan, pelaku juga bisa terjerat Pasal 53 UU yang sama soal izin usaha pengelolaan migas. Ancamannya pun pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling tinggi Rp 50 miliar.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa