Ingat, Handgrip Aluminium Hanya Aman Buat Motor Kontes!

Irsyaad Wijaya - Selasa, 13 Maret 2018 | 13:20 WIB
handgrip aluminium
Indra Kurniawan
handgrip aluminium

Otomania.com - Handgrip atau handel setang motor umumnya berbahan dari karet yang empuk. Tapi seiring berjalannya waktu dengan minat modifikasi yang tinggi, banyak merek aftermarket yang mengeluarkan produk dengan bahan aluminium.

Alasan para biker menggantinya karena mengejar tampilan agar terlihat lebih catchy. Tapi sebenarnya handgrip jenis aluminium bahaya bagi pengendara motor.

Hal itu disampaikan oleh Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) yang mengatakan bahwa handgrip berbahan metal atau aluminium tak bisa menyerap keringat telapak tangan.

Bertambah bahaya saat kondisi hujan, handgrip seperti itu akan licin dipegang. Akibatnya pengoperasian gas akan lebih sulit.

"Jadi penggunaan handgrip seperti ini bisa memperburuk situasi ketika tangan pengendara berkeringat dan basah," terang Jusri dikutip dari Kompas.com, Senin (12/3/2018).

(BACA JUGA: Mau Motor Awet Kinclong? Coba Praktikkan Hal Sederhana Ini)

Sebenarnya handgrip aluminium boleh dipakai, tapi dengan syarat motor tersebut hanya untuk ikut kontes modifikasi. Tapi menurut Jusri, kurang aman dan dianjurkan tak digunakan untuk motor harian, karena lebih nyaman dan aman berbahan karet.

"Handgrip alumium kalau untuk estetika sah-sah saja. Tapi untuk pengunaan motor harian sama sekali mengabaikan aspek safety dan kenyamanan," lanjut Jusri.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA