Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes-Benz Indonesia Akhirnya Dikeluarkan dari Keanggotaan Gaikindo

Irsyaad Wijaya - Jumat, 16 Februari 2018 | 15:50 WIB
Ilustrasi Mercedes-Benz
Aditya Maulana - Otomania
Ilustrasi Mercedes-Benz

Otomania.com – Kabar mengejutkan terjadi di otomotif nasional. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akhirnya resmi mencabut keanggotaan Mercedes-Benz Indonesia.

Inilah tindakan tegas Gaikindo sebagai asosiasi para produsen, pemegang merek, dan distributor di dalam negeri terhadap Mercedes-Benz Indonesia dan Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Surat resmi pemberhentian sudah dilayangkan sejak Kamis (15/02/2018). Gaikindo harus melakukannya karena Mercy di Indonesia bersikeras tak mau memberikan data penjualan sejak Mei 2017 sampai 2018 ini.

Padahal, itulah salah satu kewajiban setiap anggota untuk mematuhi aturan yang berlaku di dalam organisasi tersebut, yakni membagi data penjualan sebagai mandat dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 Tahun 2013.

Ini pula yang disampaikan Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo. Dia juga mengatakan kalau semua anggota sudah melakukannya, cuma Mercedes-Benz yang tak mau melaksanakan kewajibannya sebagai anggota.

Gaikindo sendiri juga pernah mendatangkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan diminta menerangkan ke semua anggotanya jika kegiatan pengumpulan data penjualan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.

(BACA JUGA: Mercedes-Benz Indonesia dan Gaikindo Akhirnya Berdamai)

Alasan Pihak Mercedes-Benz tak mau bagi data penjualan karena sudah menjadi keputusan principal Mercy di Jerman. Daimler sebagai induk perusahaan menolak jika publikasi data penjualan dilakukan lembaga non pemerintah, yakni Gaikindo.

Sebenarnya, minggu lalu sudah ada titik terang permasalahan antara Mercedes-Benz dan Gaikindo, yaitu, melakukan publikasi di web resmi pemerintah yang bisa diakses oleh Gaikindo. Mercedes-Benz Indonesia sudah mau dengan alternatif tersebut, tapi sampai pekan ini tak ada kejelasan.

“Karena urutannya kan sudah panjang, kronologinya dari tahun lalu. Kami sudah mencoba, sudah kami jelaskan prosesnya, kami bantu mereka agar bisa memberikan data. Kami sudah penuhi, mereka sudah janji paling tidak tanggal berapa (menyerahkan data). Kami sudah tunggu sampai kemarin sore,” kata Kukuh.

Tindakan itu diambil agar semua anggota mendapat keadilan, karena selain Mercedes-Benz, semua anggota taat dengan aturan untuk membagi data penjualan. Sekarang Gaikindo punya 40 anggota setelah keluarnya Mercedes-Benz.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa