Fungsi Penting "Engine Cut Off" Tak Sekadar Mematikan Mesin

Fedrick Wahyu - Kamis, 7 Desember 2017 | 17:30 WIB
Engine Cut Off motor
Amazon.com
Engine Cut Off motor

Otomania.com - Teknologi kendaraan roda dua selalu berkembang setiap saat. Salah satu yang banyak diterapkan saat ini adalah Engine Cut Off (ECO).

Bagi para pecinta kendaraan roda dua pasti tak asing dengan teknologi ini terutama para pegguna motor-motor baru. Tombol ECO ini biasanya dipasang pada setang kanan sepeda motor.

Fungsi utama dari tombol ini adalah mematikan mesin motor tanpa harus memutar dan mencabut kontak terlebih dahulu.

"Tujuan disematkan tombol ECO itu untuk keamanan, supaya mesin cepat dimatikan misalkan pada saat kondisi motor terjatuh atau kecelakaan agar motor tidak terus melesat," beber Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok, dikutip dari GridOto.com (6/12/2017).

(BACA JUGA:Teknik Eco-Driving saat Macet di Musim Mudik)

Ini bisa menjadi salah satu proteksi saat terjadi kecelakaan dan mesin motor masih menyala. Sehingga motor tidak akan terus melaju tanpa pengendara dan membahayakan pengguna jalan lain.

"Fungsi lainnya juga bisa untuk mematikan mesin saat motor bermasalah, seperti saat sedang pelintir gas tiba-tiba nyangkut," ucap Ribut.

Artinya, ECO tak hanya untuk keamanan saja, tapi juga memiliki fungsi lain, terutama saat motor tiba-tiba bermasalah saat digunakan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA