Semarang Bakal Punya Sirkuit Kelas Internasional

Donny Apriliananda - Rabu, 15 November 2017 | 13:37 WIB
Sirkuit Mijen Semarang
Instagram/@funrace_id
Sirkuit Mijen Semarang

Otomania.com - Kota Semarang, Jawa Tengah segera memiliki sirkuit balap kelas internasional. Arena adu ngebut itu bakal digunakan sebagai ajang balap Motocross, atau juga road race di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Sejauh ini, pembangunan sport center tahap pertama itu telah dimulai dengan anggaran Rp 38 miliar. Pembangunan tahap pertama berupa lintasan balap sudah mencapai 40 persen.

"Ini targetnya selesai 1 Desember, hanya sampai lintasannya," ujar Nur Ashadi, Manager pekerjaan lapangan dari pihak kontraktor PT Mina Fajar Abadi, belum lama ini, dikutip dari Kompas.com.

Bangunan pendukung akan didirikan pada 2018 mendatang. Luas Sirkuit balap yang dibangun di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang mencapai 5,4 hektar. Adapun lintasannya sejauh 1,5 km.

Baca: Banyak yang Bikin Sirkuit, Mana yang Pasti Jadi?

Tembok pengaman disarankan dibangun oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Dia mengatakan ada ujung sirkuit berupa tikungan tajam yang cukup berbahaya. Selain itu, tikungan itu juga berbatasan langsung dengan tebing yang amat curam.

"Saya sampaikan pengawas agar dipasang tanggul pengaman, kalau berfungsi ada pengaman kalau belok ke arah kanan bisa aman," ujar Hendrar.

Namun karena belum ada anggaran, tanggul pengaman akan dibangun pada 2018 mendatang bersamaan dengan fasilitas bangunan penunjang lain.

"Nanti ada lintasan, tribun, penyempurnaan pagar dan lain-lain tambahannya biar menantang dibangun tahun depan," katanya.

Sirkuit juga dibangun dengan pemandangan menarik. View gunung Ungaran tersaji tepat dari area sirkuit.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA