Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas, Ban Baru Belum Tentu Bagus

Donny Apriliananda - Jumat, 6 Oktober 2017 | 14:00 WIB
Pemakaian Ban Lebar Di Skutik Bikin Tampilan Makin Gagah, Namun Ada Konsekuensinya..
Dok.M+
Pemakaian Ban Lebar Di Skutik Bikin Tampilan Makin Gagah, Namun Ada Konsekuensinya..

Otomania.com - Ban baru yang dipajang di toko ternyata tak menjamin kualitasnya. Bisa saja itu ban lama, atau ban baru yang salah cara menyimpannya.

Seperti dilansir GridOto.com, (5/10/2017), cara paling aman untuk mengetahui umur ban bisa lihat dari kode pembuatan yang tertera pada dinding ban.

Informasi tersebut berisi angka yang menjelaskan bulan dan tahun waktu ban diproduksi. Kendati demikian, belum tentu semakin muda usia ban semakin baik untuk digunakan.

Nora Guitet, Public Affairs & Corporate Communication Director PT Michelin Indonesia menjelaskan, kode pembuatan dengan minggu dan tahun lama belum tentu menggambarkan kondisi ban jelek atau baik.

“Sebenarnya tergantung penyusunan ban saat di gudang, kalau penyusunannya bagus meski sudah lebih dari setahun atau dua tahun lalu masih bisa dipakai,” kata Nora.

Artinya, bukan berarti yang terbaru adalah yang terbaik, karena komponen karet itu banyak dan dengan sifat yang bermacam-macam.

Penyimpanan ban sebelum pemakaian jadi kunci apakah ban tersebut bagus atau tidak saat akan dipakai. Ban baru yang sering kepanasan di luar tentu akan lebih jelek ketimbang disimpan baik di dalam rak.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa