Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Bebek masih Punya Penggemar

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 29 September 2017 | 12:35 WIB
Ratusan biker ramaikan Jambore Honda Revo di Solo.
AHM
Ratusan biker ramaikan Jambore Honda Revo di Solo.

Jakarta, Otomania.com - Produk sepeda motor jenis bebek atau underbone dinilai sudah mulai ditinggalkan. Banyak yang beranggapan demikian karena produk-produk model ini jarang mengalami penyegaran.

Dari data distribusi Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), model bebek hingga Agustus 2017 tercatat sebanyak 374.636 unit. Khusus untuk merek Honda sendiri tercatat sebanyak 241.668 unit di kurun waktu yang sama.

Lantas apa benar model bebek mulai kehilangan peminatnya? Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) coba menjelaskan.

"Segmen bebek kalau dilihat tiga tahun lalu masih berkontribusi 10 persen dari pasar. Tahun lalu sekitar delapan sampai sembilan persen. Tahun ini diperkirakan sekitar delapan persen. Ini angka masih terbilang wajar bagi jualan sepeda motor," ucap Thomas saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca: Honda Sonic 150R Punya Warna Baru

Thomas membandingkan, motor jenis sport yang banyak dikira digemari konsumen itu, juga pernah mengalami penurunan sekitar 10 sampai 11 persen. Ini artinya dari kontribusi pasar tersebut tidak bisa dikatakan model bebek kecil namun lebih tepatnya berimbang.

"Saat ini pemilihan model berdasarka harga dan juga kebutuhan. Bebek lebih personal, skutik mungkin buat keluarga. Nantinya kalau merasa motornya biasa, ingin berbeda akan melirik sport. Konsumen juga melihat, jika dia mau ganti motor, dia akan menilai model yang paling bisa dipakai bersama-sama untuk saat ini," ucap Thomas.

Setelah pernyataan ini, Honda kemudian menghadirkan penyegaran dari produk di kelas underbone yakni Sonic. AHM memberikan warna baru Honda Racing Red dan mengganti desain warna sebelumnya yang sudah ada. Motor ini dibanderol mulai Rp 21,9 juta.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa