Gak Bakal Rugi Kalau Tahu Cara Pilih Kaca Film Mobil yang Benar, Bukan Pilih yang Paling Gelap

Harun Rasyid - Senin, 27 Maret 2023 | 17:03 WIB

Ilustrasi kaca film mobil yang gelap tidak mempengaruhi kabin jadi sejuk. Begini cara pilih kaca film yang benar. (Harun Rasyid - )

Otomania.com - Muncul anggapan kalau semakin gelap kaca film mobil, maka akan semakin adem atau dingin juga hawa di dalam kabin.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena banyak faktor yang menyebabkan suatu kaca film mobil memiliki kualitas yang baik.

Makanya untuk sobat yang ingin membeli kaca film mobil, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut. 

Menurut Arief Hidayat, selaku CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), pemilik mobil perlu tahu tingkat infrared rejection atau penolak sinar inframerah yang terkandung dalam suatu produk kaca film.

"Ketika beli kaca film, dasarnya pasti ingin agar kabin tidak panas. Jadi cek infrared rejection-nya dan tanya sama penjual kaca film, kalau produknya ini berapa Mil?," ungkapnya beberapa waktu lalu.

"Kemudian jangan tanya tingkat menolak sinar UV-nya, karena rata-rata merek mengklaim bisa menangkal sinar UV hampir 100 persen," lanjut Arief.

Arief mengatakan, kaca film dengan infrared rejection (IRR) yang baik memilki kelebihan dalam meredam hawa panas masuk ke kabin kendaraan.

"Infrared rejection inilah yang bakal menjawab soal panas tidaknya kaca film saat mobil dikendarai di siang hari," katanya.

Arief juga menyebut, penjual kaca film seharusnya memiliki alat tes untuk melihat berapa persen sinar infrared yang ditangkal.

Baca Juga: Mobil Baru Saudara Suzuki Karimun Rp 150 Jutaan Ini Kabinnya Lega dan Praktis, Iritnya Tembus 22 Km/liter