Pemerintah Mau Naikan Pajak LCGC, Harga Toyota Agya hingga Honda Brio Satya Siap-siap Naik

Harun Rasyid - Jumat, 24 Februari 2023 | 11:00 WIB

Ilustrasi pajak mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla dan Sigra, Toyota Agya dan Calya, hingga Homda Brio Satya disebut mau naik oleh pemerintah. (Harun Rasyid - )

Otomania.com - Mobil Low Cost Green Car (LCGC) seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Sigra, serta Toyota Agya dan Calya disebut akan mengalami kenaikan pajak.

Hal ini membuat status mobil LCGC sebagai 'mobil murah' bisa-bisa terancam.

Sebab Agus Gumiwang Kartasasmita,
Menteri Perindustrian menyebut, pemerintah berencana melakukan penyesuaian pajak mobil LCGC dalam waktu mendatang.

"Saya sampaikan di sini bahwa pemerintah dalam waktu dekat ini, akan melakukan penyesuaian pajak LCGC," ungkap Menteri Agus dalam acara seremoni ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di Karawang, Selasa (21/2/23).

Penyesuaian pajak LCGC ini berdasarkan masukan dari pihak produsen terhadap situasi pasar kendaraaan roda empat di Tanah Air.

"Masukannya banyak dari macam-macam industri yang memproduksi LCGC. Lalu kami paham di mana ada kebutuhan dari industri untuk melakukan penyesuaian," papar Agus.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, penyesuaian pajak LCGC berkaitan dengan adanya kenaikan harga pada logistik dan bahan baku.

Kondisi tersebut akhirnya, bakal mempengaruhi kegiatan dan keuntungan dari para pelaku industri di dalam negeri.

Selain itu pajak LCGC sejak program mobil murah ramah lingkungan ini dimulai pada 2013, terhitung baru satu kali disesuaikan yaitu tahun 2022.

Baca Juga: Tergolong Mobil Murah, Kenapa LCGC Harus Isi BBM RON 92 di SPBU?