Ruas Tol dengan Tingkat Fatalitas Tertinggi di Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Wajib Waspada saat Melintas

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 28 November 2022 | 09:15 WIB

Tol Cipali menjadi ruas tol yang memiliki tingkat fatalitas tertinggi di dunia. (foto kecelakaan Tol Cipali KM 73 26/6/2018) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Pengemudi Wajib Waspada saat Melintas, Ruas Tol di Indonesia Ini Tingkat Fatalitasnya Tertinggi di Dunia.

Saat berpergian ke luar kota, tidak sedikit pengemudi yang memilih melintas jalan tol dengan alasan minim hambatan jika dibandingkan dengan jalan biasa.

Di Indonesia sendiri sudah banyak daerah-daerah yang terhubung dengan ruas jalan tol, sehingga juga mudah diakses.

Namun seiring dengan pertumbuhan jalan tol di Tanah Air, ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiarto.

"Tak sekadar hanya menikmati pertumbuhan jalan tol yang signifikan, tapi perlu disikapi agar bagaimana pertumbuhan infrastruktur juga ada manfaatnya dan mendukung nyata meminimalkan angka kecelakaan," ujar Hendro dari tayangan Youtube Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat Tahun 2022, Kamis (24/11/2022).

Hendro menjelaskan, perkembangan jalan tol yang saat ini sangat masif harus dibarengi dengan upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Sampat saat ini, menurut Hendro, kecelakaan lalu lintas di jalan tol di Indonesia memang masih cukup tinggi.

Hendro juga mengatakan, Tol Cipali merupakan jalan tol yang memiliki tingkat fatalitas tertinggi. Tak hanya di Indonesia tapi dunia.

Baca Juga: Pentingnya Fungsi Crash Cushion di Ujung Pembatas Jalan Tol, Bisa Fatal kalau Enggak Ada