Perbedaan Transmisi Mobil Matic Model Zig zag dan Lurus, Bengkel Spesialis Beberkan Model yang Lebih Aman

Parwata - Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Ilustrasi transmisi mobil matic model lurus dan zig-zag. (Parwata - )

Otomania.com - Perbedaan Transmisi Mobil Matic Model Zig zag dan Lurus, Bengkel Spesialis Beberkan Model yang Lebih Aman.

Sama-sama memiliki fungsi untuk memindahkan tuas persneling, model transmisi mobil matic ada dua jenis.

Yang pertama transmisi mobil matic jenis straight atau lurus, dan yang kedua transmisi mobil matic jenis zig-zag atau gate.

Meski fungsinya sama, cara operasional kedua model transmisi mobil matic tersebut berbeda. Hal itu disebabkan karena pertimbangan keamanan berkendara.

"Untuk model transmisi straight biasanya dilengkapi tombol pengunci transmisi saat harus memindahkan posisi gigi, terutama dari P ke R," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Selasa (15/11/2022).

"Tombol ditekan untuk membuka pengunci di dalam transmisi agar bisa bergerak bebas," tambahnya.

Model transmisi straight ini dilengkapi dengan tombol pengunci, untuk mencegah bahaya posisi gigi berpindah karena ketidaksengajaan.

"Pada model transmisi lurus atau straight ada kemungkinan posisi tuas tergeser karena tersenggol kaki, beda halnya model zig zag yang lebih aman," ujar Hermas.

Namun, operasional keseluruhan keduanya sama saja, yakni sebelum memindahkan posisi gigi transmisi harus diawali menginjak pedal rem terlebih dahulu.

Baca Juga: Awas Pindah Gigi Transmisi Mobil Matic Bisa Nyangkut, Penyebabnya Karena Hal Ini