Pertalite Tambah Mahal, Minyak Kayu Putih Jadi Solusi Penghemat BBM? Begini Kata Pakar

Naufal Nur Aziz Effendi,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Geger tanggapan minyak kayu putih bisa bikin kendaraan lebih irit bahan bakar, begini tanggapan ahlinya. (Naufal Nur Aziz Effendi,Muslimin Trisyuliono - )

Otomania.comPertalite Tambah Mahal, Minyak Kayu Putih Jadi Solusi Penghemat BBM? Begini Kata Pakar.

Kenaikan harga Pertalite beberapa waktu lalu bikin publik otomotif geger, pasalnya pengguna BBM subsidi ini tidak sedikit.

Di tengah kehebohan harga BBM yang semakin mahal, belum lama ini juga sempat muncul sebuah karya ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa menyebutkan bahwa minyak kayu putih bisa membuat irit konsumsi BBM.

Karena hal tersebut, jadi banyak publik otomotif yang penasaran apakah dengan mencampur bensin dengan minyak kayu putih benar-benar bisa bikin irit.

Jika beneran bisa membuat irit kendaraan, bukan tidak mungkin hal ini bisa dimanfaatkan untuk 'mengakali' kenaikan harga Pertalite.

Menjawab pernyataan minyak kayu putih bisa bikin irit, Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) membeberkan faktanya.

Menurutnya, mencampur minyak kayu putih sebagai aditif BBM malah akan membuat performa mesin menjadi menurun.

"Minyak kayu putih memang sudah lama memiliki isu meningkatkan oktan dan bikin irit. Tapi karakternya yang kesat berpotensi mengurangi lubricity bahan bakar," ujar Prof. Yus kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau saya lihat kemungkinan malah mengurangi kemampuan bahan bakar untuk melumasi jika digunakan jangka panjang," sambungnya.

Baca Juga: Mobil Bekas Jangan Langsung Dibeli Sebelum Cek 3 Bagian Ini, Unit Pernah Kena Banjir Bisa Langsung Ketahuan