Jadi City Car Legendaris di Indonesia, Ternyata Suzuki Karimun Punya Arti Nama yang Enggak Biasa

Dwi Wahyu R.,Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Banyak peminatnya sampai jadi city car legendaris di Indonesia, ini arti nama Suzuki Karimun. (Dwi Wahyu R.,Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Jadi City Car Legendaris di Indonesia, Ternyata Suzuki Karimun Punya Arti Nama yang Enggak Biasa.

Punya tampilan mengotak dan praktis, Suzuki Karimun bisa dibilang sebagai salah satu city car legendaris di Indonesia, khususnya yang generasi pertama.

Karena peminatnya cukup banyak, sampai sekarang ini Suzuki Karimum generasi pertama masih sering ditemui di jalanan atau di showroom dan situs jual-beli mobil bekas.

Padahal umur Suzuki Karimun gerneasi pertama sudah tidak muda lagi, yakni beriksar antara 14-22 tahun.

Sejarah Suzuki Karimun generasi pertama atau yang sering disebut 'Karimun Kotak' di Indonesia berawal dari tahun 1998 lalu.

Dok. Otomotif
Suzuki Karimun Kotak di Indonesia.

Saat itu Suzuki Karimun Kotak pertama kali dijual di Tanah Air pada Agustus-September 1998 dengan status CBU (Completely Built up) dari Jepang.

Waktu itu Suzuki Karimun CBU ini diluncurkan diam-diam oleh Indomobil Group dengan status CBU (Completely Built up) dari Jepang.

Baru pada 9 September 1999 Suzuki Karimun hasil rakitan pabrik di Tambun, Bekasi, Jawa Barat (CKD, Completely Knocked Down) diluncurkan di Indonesia.

Kalau dari laporan Tabloid Otomotif No. 20/IX 1999, kata Karimun itu berasal dari kata "Carry to the Moon" yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya "bawa ke bulan".