Sudah Masuk 1 Agustus 2022, Beli Pertalite Sudah Wajib Pakai MyPertamina? Begini Penjelasan Pertamina Patra Niaga

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 1 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi. Sudah masuk 1 Agustus 2022, benarkah pembelian Pertalite dan Solar sudah wajib pakai aplikasi MyPertamina? (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Sudah Masuk 1 Agustus 2022, Beli Pertalite Sudah Wajib Pakai MyPertamina? Begini Penjelasan Pertamina Patra Niaga.

Sempat beredar informasi di masyarakat bahwa mulai 1 Agustus 2022, pembelian BBM subsidi Pertalite dan Solar sudah diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Namun, ternyata PT Pertamina belum menggunakan aplikasi MyPertamina dengan QR Code dalam pembelian BBM subsidi pemerintah tersebut.

Informasi mengenai pembelian Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina pada 1 Agustus 2022 juga dibantah Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga.

Dikutip dari Tribunnews, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, bahwa Pertamina belum menentukan tanggal implementasi QR Code.

Hal ini kembali ditegaskan Pertamina lantaran masih banyak masyarakat yang mengira bahwa per 1 Agustus 2022 mekanisme pembelian Pertalite dan Solar di SPBU wajib menggunakan aplikasi atau QR Code.

Belum pastinya kebijakan pembatasan pembelian BBM subsidi ini dikarenakan Revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta petunjuk teknis pembelian BBM jenis Pertalite masih belum rampung.

Seperti diinformasikan sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga telah membuka pendaftaran kendaraan dan identitasnya di Website MyPertamina per 1 Juli 2022.

Dari pendaftaran, pengguna akan mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

Baca Juga: Mulai 1 Agustus, Mobil Beli Pertalite dan Solar Tanpa Aplikasi MyPertamina Enggak Akan Dilayani?