Bertujuan Meratakan Penyaluran BBM Subsidi, Organda Jabar Justru Sebut Beli Pertalite Pakai MyPertamina Tidak Rasional

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 4 Juli 2022 | 20:15 WIB

Organda Jabar sebut pembelian Pertalite pakai aplikasi MyPertamina tidak rasional, begini penjelasannya. (foto ilustrasi) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Bertujuan Meratakan Penyaluran BBM Subsidi, Organda Jabar Justru Sebut Beli Pertalite Pakai MyPertamina Tidak Rasional.

Uji coba pendaftaran MyPertamina untuk kendaraan roda empat yang menggunakan BBM subsidi Pertalite dan Solar mulai dilakukan sejak Jumat (1/7/2022) di 5 provinsi.

Tujuan pendaftaran MyPertamina tersebut untuk mencocokan data apakah kendaraan yang didaftarkan berhak untuk menggunakan Pertalite atau solar.

Meski tengah digencarkan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Barat meminta pemerintah rasional dalam membuat kebijakan.

Ketua DPD Organda Jabar, Dida Suprinda, mengatakan, kebijakan pemerintah yang mengharuskan membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina, tidak rasional apabila diterapkan juga untuk angkutan umum.

"Karena apa? Karena angkutan umum itu menyangkut hajat hidup orang banyak masyarakat menengah ke bawah," ujar Dida, diktuip dari TribunJabar.id, Sabtu (2/7/2022).

Dida mengaku lebih setuju jika aturan pembelian BBM subsidi hanya diberlakukan untuk kendaraan pribadi saja.

"Kalau itu diberlakukan untuk angkutan pribadi, saya setuju. Karena yang menggunakan Pertalite itu kebanyakan 80 persen adalah angkutan pribadi," katanya.

Selain itu, kata dia, sosialisasi aturan pembelian BBM melalui aplikasi MyPertamina juga belum menyentuh semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: Pertamina Buka Suara, Video Kebakaran SPBU Ini Bukan Efek Beli Bensin Pakai HP, Berikut Faktanya